Tembus Kampung Muara, Tim OPD Pemprov Banten Buka Posko Kesehatan

PUTRAINDONEWS.COM

Banten | 13 Januari 2020. Dipimpim Sekretaris Daerah (Sekda) Al Muktabar, Tim OPD Penanganan Bencana Banjir Pemerintah Provinsi Banten yang  berhasil mencapai Kampung Muara Desa Ciladauen. Capaian ini untuk memastikan tertanganinya 19 titik longsor yang sempat memutus akses jalan.

Keberhasilan itu sekaligus memperlancar tim relawan untuk salurkan logistik dan mendirikan  Posko Kesehatan masyarakat setempat. meskipun harus menggunakan kendaraan roda empat dobel gardan atau sepeda motor.

Upaya Tim PUPR Pemprov Banten untuk membuka akses jalan hingga Kampung Muara Desa Ciladauen tidaklah mudah. Akses jalan yang terputus akibat amblasnya Jembatan Cinyiru berhasil dipulihkan pada Senin (06/01). Selanjutnya tim PUPR berjuang hingga tiga hari, akibat volume material tanah dan besarnya batuan yang longsor, untuk membuka akses hingga Kampung Muara pada Kamis, 09/01). Di Kampung Muara,  jembatan baru dan jembatan lama, yang melintang di atas Sungai Ciberang hanyut.

BACA JUGA :   Anjangsana Polres Serang Kota Kepada Purnawirawan Polri Dan Warakawuri

Menurut penjelasan PUPR Pemprov Banten, dari Cipanas hingga Kampung Muara Desa Ciladauen terdapat 19 titik longsor hingga jalan amblas. Mayoritas titik longsor merupakan aliran anak sungai Ciberang,

“Atas perintah Pak Gubernur Wahidin Halim pada hari ke 9 tanggap darurat ini, tim turun untuk memastikan penyaluran bantuan logistik, layanan kesehatan, dan terbukanya akses jalan yang sempat terputus. Kita juga membawa bantuan logistik untuk masyarakat yang baru terbuka aksesnya di hari ini,” ungkap Sekda Al Muktabar.

Di Kampung Muara, Dinas Kesehatan Pemprov Banten langsung mendirikan Posko Kesehatan dan melayani kesehatan masyarakat setempat. Sekda Al Muktabar juga sempat menyeberangi sungai Ciberang untuk memantau penanganan dampat bencana serta kerusakan infrastruktur jembatan yang hanyut terbawa banjir bandang.

BACA JUGA :   KPU Sosialisasikan Surat Suara

Diakui Sekda Al Muktabar, karena tidak memungkinkan untuk dilakukan dalam sehari, tim akan menjadwal ulang untuk pantau pelaksanaan penanganan bencana bajir dari arah sebaliknya hingga tembus Kampung Muara dari arah sebaliknya.

Rombongan tim OPD yang dipimpin Sekda Al Muktabar terdiri dari  didampingi Plt Kepala Pelaksana BPBD Banten Kusmayadi, Kepala Dinas Kesehatan Ati P Hastuti, Kepala Dinas Sosial Nurhana, Kepala BPKAD Rina Dewiyanti, Kepala BKD Komarudin, dan Plt Kepala Dinas Pendidikan M Yusuf, tim PUPR, tim Perkim, dan tim Diskominfo. (**)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!