Komisi V DPR RI Dukung Pembangunan Jalan Lintas Utara Flores

PUTRAINDONEWS.COM

Labuan Bajo -  NTT | 28 Januari 2020. Rombongan Anggota Komisi V DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi V Ridwan Bae melakukan Kunjungan Kerja (kunker) Spesifik dalam rangka meninjau infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo Provinsi Nusa Tenggara Timur (24/1), khususnya pembangunan Jalan Lintas Utara Flores.

“Daerah gunung dan perbukitan mempengaruhi persoalan infrastruktur tersendiri di Labuan Bajo, tapi Kementerian PUPR punya ilmu yang baik dan Labuan Bajo punya nama besar. Dengan pembangunan infrastruktur yang baik, termasuk potensi persawahan yang ada, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian,” tutur Ridwan.

Selain itu, dalam rangka mendukung pertemuan internasional G20 dan ASEAN Summit 2023 yang dipersiapkan untuk dilaksanakan di Labuan Bajo, Ridwan berharap agar Kementerian PUPR segera menyusun langkah-langkah konkret sehingga pelaksanaannya dapat meningkatkan nama baik bangsa dan pelaksanaannya berjalan dengan sukses.

BACA JUGA :   Menteri Basuki Lantik Pimpinan Tinggi Ahli Pratama dan Pejabat Fungsional Ahli Utama Kementerian PUPR

Kepala Balai Jalan Nasional (BPJN) X NTT Kupang Muktar Napitupulu mengatakan, pembangunan Jalan Lintas Utara Flores tersebut akan menjadi jalur logistik yang menghubungkan sentra produksi pertanian di Kawasan Pertanian Terang seluas dengan Pelabuhan Bari yang dibangun sebagai pelabuhan niaga menggantikan Pelabuhan Labuan Bajo.

Dengan dibangunnya Jalan Lintas Utara juga akan menjadi jalur alternatif untuk memperlancar pengiriman logistik dan bahan bakar minyak (BBM) dari wilayah Kedindi yang terdapat Depo Pertamina ke Labuan Bajo dan akan membantu akses dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Gas (PLTMG), Mobile Power Plant (MPP) Flores (Labuan Bajo) milik PT PLN yang berkapasitas 20 MW di Dusun Rangko, Desa Tanjung Boleng, Kecamatan Boleng, menuju Labuan Bajo.

Kementerian PUPR melalui BPJN X NTT telah memulai pembangunan Jalan Lintas Utara Flores Labuan Bajo-Kedindi sejak tahun 2015 dengan total anggaran yang sudah dikeluarkan sebesar Rp 201 miliar. Saat ini progresnya dari total panjang 141,29 km sudah tembus sepanjang 60 km dengan kondisi jalan yang sudah teraspal sepanjang 18 km.

BACA JUGA :   Flyover Martadinata Simpang Gaplek Tangsel Jadi Jalur Distribusi Logistik Jabodetabek

“Untuk target keseluruhan rampung dengan kondisi teraspal yakni pada tahun 2023. Namun untuk mendukung pembangunan Pelabuhan Bari kita fokuskan untuk penyelesaian pengaspalan hingga ke Bari pada tahun 2021,” tambah Muktar.

Selain pembangunan jalan lintas utara Flores Kementerian PUPR juga akan melebarkan Jalan Soekarno Hatta di pusat kota Labuan Bajo dilengkapi dengan jalur pejalan kali (pedestrian walk) yang nyaman, serta meningkatkan kualitas jalan dari Labuan Bajo ke Wae Cicu yang akan menjadi pusat pelayanan akomodasi wisata premium di Labuan Bajo. (**)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!