JALAN – JALAN VIRTUAL, Dari ASATI Untuk Jelajah Negeriku

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Sabtu 22 Agustus 2020 kemarin, kembali Pariwisata Indonesia ramai membicarakan destinasi lain dari sudut pulau Nusa Tenggara. ASATI dengan program Jelajah Negeriku, jalan-jalan ala Asati. Kali ini dengan tema Merangkai Pariwisata kabupaten Sumbawa Barat di Era Baru. Kini mengajak para pencinta wisata tanah air melakukan perjalanan virtual dari Taliwang kabupaten Sumbawa Barat, NTB menuju pulau Kenawa, Pulau Mantar & Bukit Mantar. Keasrian rumah panggung kayu yang didiami keturunan beberapa bangsa seperti Portugis, China dan Afrika yang pernah terdampar diperairan Bukit Mantar, akan dijumpai disamping kokohnya Gunung Rinjani sebagai latar belakang.

Kesungguhan pemerintah setempat mempopulerkan potensi wisata daerah ini ditandai bertahannya wakil bupati kabupaten Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST bersama kadisbudpora, Ir. Gusti Bagus Sumbawanto, M.Si yang tidak bergeming lebih 2 jam hingga webinar usai. mereka berdua sangat fasih membongkar indahnya destinasi memanjakan peserta.

Ketua umum ASATI merasa kagum dengan kolaborasi Penta Helix yang serasi disini akan mampu menyajikan pesona menawan, “Kami siap mensupport SDM dan network untuk kemajuan pariwisata di Sumbawa Barat.” Tegas M. Syukri Machmud.

Penguatan secara akademisi oleh Wadir 1 bidang akademik Poltekpar negeri Lombok, Dr. Farid Said, M,Pd memungkinkan diversifikasi destinasi. Support kalangan usahawan dan komunitas yang dikomandoi putra daerah selaku ketua DPD ASATI NTB Sahlan MS, SH, MH. yang menjadi penggagas webinar ini menjadi catatan penting dalam melambungkan Sumbawa Barat.

Kegiatan luar biasa inipun menghadirkan narasumber yang sangat piawai dalam Pengembangan Berkelanjutan dan Konservasi, beliau adalah Staf ahli bidang tersebut dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Dr. Frans Tegus, MA.

“Meninkmati sunrise dan sunset dari atas bukit kecil di pulau Kenawa dan hamparan rumput hijau yang mengelilinginya semakin menambahkan kecantikan.” Ujar wakil Bupati Fud Syaifuddin.

Tak hanya itu, “Keindahan pantai di pulau Kenawa mampu menyejukan hati, ditambah Surfing di pantai Yoyos yang menakjubkan.” Perjelas Kadisbudpora Sumbawanto.

Mantar yang berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut itu punya banyak sisi cantik, “Mendapat julukan sebagai Negeri di Atas Awan.” Promosi ketua DPD ASATI NTB. “Kita bisa melihat pulau Lombok dengan Puncak Gunung Rinjani di kejauhan serta hemparan lembah hijau di kaki bukit yang menakjubkan.” Tambah Sahlan dengan semangat.  Red/Ben