Save as PDF

PUTRAINDONEWS.COM

BANDUNG – JABAR | Pemerintah Jawa Barat terus mendorong inovasi di sektor pertanian. Dalam rangka memasifkan gerakan petani, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Yuningsih menyebut Jawa Barat pada 2021 akan meluncurkan program baru yang disebutnya program petani milenial.

Yuningsih mengungkapkan, melalui slogan tersebut Jawa Barat diharapkan mampu mendongkrak semangat baru bagi kaum muda khususnya kaum milenial yang selama ini dinilai antipati terhadap sektor pertanian.

“Saya pikir tidak seharusnya sebagai generasi muda kita malu atau bahkan beranggapan kalo petani adalah pekerjaan orang tua,” tandas Yuningsih ujarnya, di Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) Dukupuntang, Senin (28/12/2020).

Ia bahkan menyebut mayoritas masyarakat Indonesia adalah masyarakat agraris yang menggantungkan penghasilannya di sektor pertanian.

“Untuk itu, tidak ada alasan untuk menjadi seorang petani. Apalagi pertanian masih menjadi sektor primadona yang menyerap banyak tenaga kerja,” ujarnya.

Menurutnya, program petani milenial rencana akan diadakan pada 2021 mendatang. Program ini digadang-gadang bakal membangkitkan animo kaum milenial untuk kembali melirik ladang pertanian yang beitu potensial.

“Karena kita inginnya swasembada pangan, maka itu sumberdaya manusianya yakni petani-petani harus disiapkan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, tujuan program ini tak lain menjadikan kaum milenial lebih memahami dan mampu meretas generasi ke depan yang tahu ilmu pertanian dan peduli terhadap pertanian. Red/Ben

   Send article as PDF