RAYAKAN ULTAH ke-28, Arwana Ceramics ‘Naik Kelas’

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA |  Produsen keramik PT Arwana Citramulia Tbk (Arwana Ceramics) menyelesaikan pembangunan pabrik baru Plant 5B di Mojokerto, Jawa Timur.

Sebuah acara merayakan momen ini diadakan bertepatan dengan hari ulang tahun ke-28 Arwana yang jatuh pada tanggal 22 Februari 2021.

CEO Arwana Ceramics, Tandean Rustandy, beserta jajaran komisaris dan direksi perusahaan secara serentak menekan tombol penyalaan mesin kiln Plant 5B untuk menandakan rampungnya proyek ini, sekaligus untuk merayakan tonggak sejarah eksistensi perusahaan yang sudah cukup panjang, dan langkah memasuki segmen pasar baru.

Arwana Ceramics  memandang jauh ke depan dalam melakukan ekspansi meski perekonomian Indonesia saat ini belum selesai diinterupsi oleh pandemi COVID-19. Plant 5B ini merupakan satu salah satu langkah strategis untuk menjemput peluang pasar yang masih sangat besar.

Plant 5B akan memproduksi jenis produk baru glazed porcelain tile (porselen) dengan kapasitas produksi sebesar tiga juta meter persegi per tahun. Produk yang akan dihasilkan berukuran 60x60cm ke atas. Sebelumnya Arwana Ceramics hanya memproduksi produk jenis keramik.

BACA JUGA :   DUKUNG TRANSFORMASI SEKTOR INDUSTRI, Kemenperin Dorong Peran Tech Startup

Namun alih-alih hanya penambahan kapasitas produksi, Arwana Ceramics juga akan melekatkan merek baru “ARNA” pada produk jenis baru ini, sehingga nantinya akan memiliki tiga brand, yaitu “Arwana”, “UNO” dan “ARNA”.

“ARNA” adalah langkah pertama Arwana Ceramics menuju produksi homogenous tile, langkah ‘naik kelas’ untuk melayani konsumen kelas menengah ke atas. Arwana Ceramics sedang memosisikan diri untuk bersaing langsung dengan produk impor homogenous tile yang selama ini menjadi momok bagi produsen lokal.

Dalam kata sambutannya, CEO Arwana Ceramics pertama-tama mengatakan pertumbuhan perusahaan terus meningkat dengan sangat stabil, hal ini sangat disyukurinya.

“Apa yang kita lakukan ini adalah suatu langkah besar, karena dengan apa yang kita produksi saat ini, kita selalu dikatakan jago kandang. Sekarang kita membuat produk yang dapat bersaing secara internasional,” tuturnya.

BACA JUGA :   Didaulat Jadi Pembina, Eddy Ganefo Launching Koperasi Jasa Kadin UMKM Mandiri di Surabaya

Tandean Rustandy menambahkan sebagai bangsa yang telah merdeka 75 tahun, Indonesia secara manufacturing belum dipandang dan hanya dieksploitasi sumber daya alamnya.  Arwana Ceramics mencoba menyumbangkan sesuatu kepada bangsa dan negara, mengharumkan nama bangsa sekaligus bertanding di tingkat dunia.

“Dengan segala ketulusan, kesederhanaan, kerendahhatian, Tuhan pimpin kita, dan yang terpenting merah putih terus berkibar di kancah internasional,” tandasnya.

Adapun dengan keberadaan Plant 5B, Arwana Ceramics kini memiliki total kapasitas terpasang sebesar 64,37 juta meter persegi per tahun.

Pada tahun 2020, Arwana Ceramics meraih laba bersih sebesar Rp323,01 miliar, naik signifikan 49,87 persen dibandingkan hasil 2019 yang tercatat sebesar Rp215,54 miliar.

Tentang Arwana Ceramics

PT Arwana Citramulia Tbk adalah perusahaan publik yang terdaftar di papan utama Bursa Efek Indonesia (BEI), diperdagangkan dengan kode saham “ARNA”. Produk Arwana dijual dengan merek “Arwana”, “UNO”, serta “ARNA” yang akan segera diluncurkan. Red/Ben

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!