SIMULASI PILKADA 2020 TANGSEL, Dalam Pelaksanaan dan Pengamanan Kotak Suara Oleh Polsek Pondok Aren

PUTRAINDONEWS.COM

TANGSEL – BANTEN | Polsek Pondok Aren yang berada di bawah Polres Tangerang Selatan dengan melibatkan anggota Linmas menggelar simulasi pengamanan pelaksanaan dan pengawalan pendistribusian logistik Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Tangerang Selatan.

Simulasi ini berlangsung di Wilkum Kelurahan Pondok Kacang Barat, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Selasa (04/08/20) yang digelar dari pukul 09:00 Wib hingga selesai pelaksanaan.

Dalam simulasi tersebut, dimulai dari pengambilan kotak suara oleh anggota Polsek Pondok Aren dan Linmas dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti, memakai masker, mencuci tangan dan mengatur jarak.

Setibanya di lokasi TPS, kotak suara diserahkan kepada petugas KPPS. Disaat pencoblosan, ada warga yang berusaha ingin mendahului dengan tidak mengikuti antrian dan tidak mengikuti Protokol Kesehatan sehingga terjadi sedikit ketegangan. Untuk menghindari terhambatnya kelancaran dan mengganggu pencoblosan, petugas memberikan pemahaman sesuai aturan yang ada termasuk menjalankan protokol kesehatan.

Keributan kembali terjadi saat penghitungan suara, warga merasakan ada kejanggalan saat petugas KPPS membacakan kertas suara yang dicoblos. Dengan rasa tidak senang, warga memaksakan diri untuk masuk ke area TPS dengan menendang bangku. Situasi yang semakin memanas, selanjutnya Ketua KPPS menghubungi anggota Polri yang bertugas di TPS untuk mengamankan warga tersebut.

Aparat Polri secara persuasif meminta para warga yang tersulut emosi untuk tetap tenang dan tidak berbuat anarkis. Salah satu warga harus diamankan petugas kepolisian karena diduga menjadi provokator. Akhirnya situasi dapat dikendalikan dan penghitungan suara dapat dilanjutkan hingga selesai penghitungan suara.

Setelah serah terima hasil penghitungan suara selesai, kotak suara segera dibawa dengan pengawalan aparat kepolisian untuk diserahkan ke kantor PPK.

Kepada media‚ AKP Riza Lativa, SH, SIK, MIK mengatakan‚ sebelum dilakukan simulasi, terlebih dahulu dilakukan pembekalan terkait fungsi dan peran anggota Polri pada saat pelaksanaan pemungutan surat suara dan pengawalan kotak suara dari TPS ke PPS.

“Selepas pembekalan dilanjutkan dengan peragaan oleh personel jajaran Polsek Pondok Aren bersama unsur TNI dibantu Linmas serta pihak lainnya, khususnya saat melakukan pengamanan di TPS dengan pola pengamanan satu personil Polri dan Linmas diluar area TPS dan satu orang Linmas di pintu keluar TPS untuk mengawal pemilih meninggalkan TPS.”kata Kapolsek.

AKP Riza Lativa, menjelaskan bahwa pelaksanaan simulasi pengamanan proses penetapan surat suara di tingkat TPS maupun pengiriman kotak suara dari TPS menggunakan kendaraan yang dikawal langsung oleh anggota Polri tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah, proses simulasi pelaksanaan tahapan Pilkada 2020 Tangerang Selatan, khususnya di wilayah hukum Polsek Pondok Aren, sejak awal hingga akhir semua berjalan dengan aman dan lancar. “ujarnya.

Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran anggota Polsek Pondok Aren, Babinsa Koramil 07/PDA, unsur muspika Pondok Aren dan unsur lainnya termasuk Ketua RT/RW sudah menyukseskan pelaksanaan simulasi pengamanan Pilkada 2020 dapat berjalan aman dan lancar.”tutup AKP Riza Lativa Kapolsek Pondok Aren. Red/Ben