OPTIMALKAN POTENSI DESA, DPRD Jabar Segera Bahas Raperda Desa Wisata

PUTRAINDONEWS.COM

BANDUNG – JABAR | Menilik besarnya potensi ekonomi desa, DPRD Provinsi Jawa Barat berinisiatif akan membahas Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Desa Wisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Jabar Oleh Soleh dalam kesempatannya menyebut kalau Raperda Desa Wisata bakal dibahas mendapatkan kucuran dana baik dari APBN maupun APBD.

Pria yang akrab disapa Kang Oleh itu menuturkan, DPRD Jabar bakal merumuskan strategi yang mampu menggerakan perekonomian di level desa melalui optimalisasi potensi desa wisata.

“Pada tahun 2020 ini, kami sedang memasukan Raperda tentang Desa Wisata,” ucap Oleh di DPRD Jabar, Selasa (24/11/2020).

Menurutnya, hal itu bakal menjadi road map dalam upaya membangun desa. Katanya lagi, faktor belanja daerah, infrastruktur juga menjadi hal penting dalam menggerakkan perekonomian.

“Yang mampu belanja saat ini bukan perusahaan maupun komunitas, akan tetapi pemerintah. Maka Pemprov juga harus melakukan peningkatan belanja,” catus Oleh.

Tak hanya itu, ia menyebut konsep tersebut sebagai upaya mengatasi masalah pengangguran yang akhir-akhir ini menimpa sejumlah daerah akibat pandemi Covid-19.

“Karena padat karya ini berguna untuk meminimalisasi pengangguran, sehingga pendapatan masyarakat bisa tersebar,” pungkas dia. Red/Ben