BERSURAT KE PRESIDEN, Bupati Sidrap Minta Proyek PLTB 70 MV Direalisasi Agar Mendongkrak Perekonomian

Screenshot_2021-07-03-07-34-02-12_f541918c7893c52dbd1ee5d319333948

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Pemerintah Kabupaten Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan, menyampaikan dukungan tertulis kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar bisa segera merealisasikan pengembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap Ekspansi 70 MW.

Surat dukungan yang disampaikan oleh Bupati Sidrap H. Dollah Mando pada bulan Juni 2021, menyusul dampak positif dari keberadaan PLTB Sidrap tahap pertama yang dibangun oleh UPC Renewables dan sudah beroperasi sejak April 2018 dengan kapasitas terpasang 75 MW.

Keberadaan PLTB Sidrap berhasil mendongkrak perekonomian, menekan angka pengangguran melalui prioritas penyerapan tenaga kerja lokal, penyediaan air bersih, serta perbaikan infrastruktur jalan bagi masyarakat setempat yang dilaksanakan melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR).

PLTB Sidrap juga telah menjadikan Kabupaten Sidrap sebagai tujuan wisata utama di Sulawesi Selatan, juga menobatkan Desa Mattirotasi sebagai desa yang menerima penghasilan pajak bumi dan bangunan tertinggi di Sulawesi Selatan

Proyek PLTB tahap pertama sendiri sudah berhasil melistriki lebih dari 60 ribu rumah tangga melalui pembangkit listrik energi terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan.

Sedangkan terkait usulan PLTB Sidrap Ekspansi 70 MW, UPC Renewables telah berada pada fase akhir pra-konstruksi proyek yang berjarak kurang dari 5 km dari lokasi PLTB Sidrap 75 MW yang sudah dibangun.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan energi nasional dalam meningkatkan bauran pemanfaatan energi terbarukan hingga 23% pada 2025, proyek PLTB Sidrap Ekspansi rencananya bakal dilengkapi dengan sistem penyimpanan baterai yang canggih

Mega baterai ini juga ditargetkan dapat membantu meningkatkan kinerja / kontrol jaringan kelistrikan Sulawesi bagian Selatan (Sulbagsel).

Pemerintah Kabupaten Sidrap berharap proyek yang sudah menunggu 6 tahun tersebut bisa segera direalisasikan oleh Presiden Jokowi, menyusul status pengembangan proyek yang sangat maju dan adanya alokasi kuota dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PLN.

Selain itu, usulan proyek PLTB Sidrap Ekspansi 70 MW juga bisa bermanfaat besar terhadap penurunan biaya pembangkitan listrik jaringan PLN, pertumbuhan tingkat perekonomian, perbaikan infrastruktur, dan dapat segera dinikmati oleh masyarakat setempat melalui target COD pada 2023. Red/Ben