Hiruk Pikuk PSN Tangerang Utara, Thohirudin: Pemerintah Mestinya PSN kan Juga SDM Warga Lokal Setempat

Putraindonews.com, Tangerang – Hiruk pikuk pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang berada di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten bagian sepanjang pantai utara Tangerang atau dikenal dengan sebutan daerah Tangerang Utara mendapatkan sorotan kritikan dari Thohirudin warga Tangerang Utara. Sabtu, 5/10/2024

Thohirudin, SH, ST, MM, CTMP warga Tangerang Utara yang juga seorang Praktisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Dosen, Aktivis dan Advokat Peradi Nusantara saat diwawancarai oleh Awak Media Patriot Nusantara News menyampaikan bahwa hiruk pikuk pembangunan PSN harus memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan warga lokal setempat.

“Pembangunan PSN bertujuan untuk mensejahterakan rakyat, hal ini harus diantisipasi sesegera mungkin agar sumber daya manusia setempat mampu mengisi pembangunan bukan sekedar menjadi penonton pembangunan, semestinya pemerintah segera menyelenggarakan pembangunan SDM warga lokal setempat setingkat PSN,” ujarnya.

“PSN Jangan hanya pembangunan infrastruktur, ya harusnya PSN kan juga SDM warga lokal setempat,” kritiknya.

Lebih lanjut Thohirudin menyampaikan bahwa seiring dengan pembangunan PSN kelak akan menciptakan peluang posisi pekerjaan strategis.

BACA JUGA :   Rusdin Tompo Kembali Serahkan Bukunya ke Dinas Perpustakaan Kota Makassar

“Kemungkinan nanti akan banyak peluang posisi pekerjaan strategis yang kompetitif, namun celakanya saat ini pemerintah belum mempersiapkan SDM warga lokal setempat untuk posisi strategis tersebut,”

Thohirudin menyampaikan bahwa posisi strategis yang dimaksud adalah pekerjaan-pekerjaan yang bertarif mahal yang memiliki latar keterampilan khusus, diantaranya:

1. Analisis Data

Keterampilan analisis data berguna dalam berbagai situasi dan karier, termasuk dalam peran kepemimpinan dan manajemen.

Namun, keterampilan ini memerlukan kemampuan memvisualisasikan, mengekstrak, memodelkan, membersihkan, dan menafsirkan data kompleks agar dapat diakses untuk digunakan oleh pengambil keputusan utama. Hal ini memungkinkan organisasi untuk merancang strategi yang tepat.

2. Manajemen Proyek

Manajemen proyek adalah keahlian mengelola sebuah proyek yang dibutuhkan diberbagai industri secara global.

3. Desain UX/UI

Keterampilan merancang pengalaman pengguna dan antarmuka pengguna aplikasi dan produk seluler dan web memainkan peran penting untuk memastikan kelancaran keterlibatan pelanggan.

4. Pemasaran Digital

Keterampilan fokus pemasaran digital, sama seperti keterampilan UX/UI, fokus pada pengalaman online dan menarik perhatian calon pelanggan untuk memastikan mereka terlibat dengan produk atau layanan bisnis.

BACA JUGA :   Penyanyi Yura Yunita Suguhkan Penampilan Estetik

5. AI (Kecerdasan Buatan)

Kecerdasan buatan adalah teknologi canggih yang telah tertanam di hampir setiap industri dan organisasi, dan memiliki potensi yang sangat besar.

6. Pengembangan Web

Keterampilan pengembangan web sangat dibutuhkan oleh perusahaan berfokus online

“Pemerintah semestinya sudah menyiapkan secara masif pembangunan SDM dengan keterampilan unggulan untuk membantu warga lokal setempat agar bisa berkompetisi meraih pekerjaan yang layak dan strategis di masa yang akan datang saat PSN terwujud, sehingga Warga lokal setempat tidak hanya menonton hiruk pikuk pembangunan PSN saja,” ujarnya.

Dalam kata penutup Thohirudin minta pemerintah segera membangun Kampus-kampus bertaraf Nasional dan internasional untuk warga lokal setempat dengan pembiayaan sepenuhnya oleh Negara atau Beasiswa khusus Warga Tangerang Utara.

“Jika ingin mensejahterakan rakyat, sebaiknya pemerintah segera membangun Kampus-kampus bertaraf Nasional dan internasional di Tangerang Utara yang sepenuhnya dibiayai oleh Negara,” pungkasnya. Red/TK

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!