Jadi Tahanan Rumah, Rumor Presiden China Xi Jinping dikudeta Gemparkan Dunia

***

Putraindonews.com – Jakarta | Situasi di Cina saat ini sedang tidak stabil. Muncul rumor Presiden Cina Xi Jinping dikudeta. Kabar tersebut pun ramai diperbincangkan di dunia maya setidaknya sejak beberapa hari terakhir.

Di media sosial Twitter, desas-desus ini bahkan menjadi trending topic. Konon gonjang-ganiing di Cina dipicu oleh kudeta militer terhadap sang presiden.

“Video kendaraan militer yang bergerak ke Beijing ini muncul segera setelah 59 persen penerbangan di negara itu dilarang terbang dan pemenjaraan pejabat senior. Ada banyak asap, yang berarti ada api di suatu tempat di dalam PKC. China tidak stabil,” tulis penulis Gordon G Chang di Twitter, seperti dikutip NDTV, Minggu (25/9/2022).

BACA JUGA :   Tak Diterima di Jerman, Imigrasi ; Pemegang Paspor Indonesia Dapat Mengajukan Pengesahan

Tidak hanya itu, Xi dan tagar #ChinaCoup, menjadi trending di Twitter stelah puluhan ribu orang menyebarkan tagar itu untuk mengkonfirmasi rumor-rumor tersebut, yang menyebut Presiden Xi ditahan dan didongkel oleh Angkatan Bersenjata Cina.

Kendati begitu, ini baru berupa spekualasi dan belum banyak sumber-sumber kredibel yang menaruh pembahasan khusus atas situasi ini.

Dari informasi yang ada, tak ada pesawat yang terbang di wilayah langit Ibu Kota Beijing pada Sabtu, 24 September 2022. Sejumlah laporan yang belum terverifikasi, juga menyebut operasional kereta dan bus sudah dibatalkan.

BACA JUGA :   PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEJAHATAN, Menko Polhukam ; Indonesia Ajak Negara-Negara Anggota PBB Perkuat Kerja Sama

“Kendaraan militer #PLA menuju #Beijing pada 22 September. Mulai dari Kabupaten Huanlai dekat Beijing dan berakhir di Kota Zhangjiakou, Provinsi Hebei, seluruh prosesi sepanjang 80 Km. Sementara itu, rumor mengatakan bahwa #XiJinping ditahan setelah senior #PKC memecatnya sebagai kepala PLA,” tulis Jennifer Zeng, salah seorang pengguna Twitter.

Ada sejumlah laporan kalau penerbangan dibatalkan karena adanya latihan militer. Sebuah rekaman video yang tersebar di Twitter memperlihatkan kendaraan militer berparade sepanjang 80 kilometer menuju Ibu Kota Beijing di tengah ramainya dugaan kudeta militer pada 22 September 2022. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!