Capaian Triwulan I-2024 Ditopang Siklus Musiman, Pemerintah Perlu Perbaiki Kinerja Ekonomi

Putraindonews.com-Jakarta | Badan Pusat Statististik Republik Indonesia (BPS RI) telah merilis angka pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2024 yang tumbuh sebesar 5,11 persen. Menanggapi hal itu, Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati menilai pertumbuhan di Kuartal I tersebut masih dilatarbelakangi adanya faktor musiman. Meski begitu, ia tetap mengapresiasi capaian pertumbuhan tersebut .

“Tetapi kita mesti melihat apa yang menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi tersebut. Tidak sepenuhnya karena membaiknya kinerja ekonomi Pemerintah, tetapi lebih banyak karena faktor musiman (seasonal) yang terjadi secara berbarengan,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, di Jakarta, pada Jumat (10/5/24).

Lebih lanjut, Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI ini menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi triwulan I tahun 2024 lebih banyak ditopang oleh faktor yang sifatnya musiman, seperti pelaksanaan Pemilu dan aktivitas ekonomi di bulan Ramadan. Anis juga menyinggung adanya peningkatan konsumsi yang disinyalir dampak dari bantuan sosial yang diberikan Pemerintah.

BACA JUGA :   Jelang Lebaran, Sekjen DPR Ingatkan Pegawai Cegah Gratifikasi

“Dua faktor inilah yang banyak mendorong terjadinya peningkatan konsumsi masyarakat pada triwulan I. Selain itu, peningkatan konsumsi ini juga ditopang oleh faktor lainnya yang juga berdampak, yaitu bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat,” kata Politisi Fraksi PKS ini.

Anis menegaskan bahwa pemerintah harus segera memperbaiki kinerja ekonomi, mengingat momentum seperti bulan Ramadan dan Pemilu tak akan ada lagi di kuartal II. Ia juga memprediksi di kuartal berikutnya kucuran Bansos tidak akan lagi sebesar di awal tahun. Oleh karena itu, pemerintah harus segera merancang langkah antisipasi.

BACA JUGA :   Komisi X Minta Investigasi Khusus Motif Pemukulan Wasit di Laga Aceh vs Sulteng PON XXI

“Pemerintah perlu segera memperbaiki kinerja ekonominya. Faktor musiman seperti Pemilu dan Ramadhan tidak akan terjadi lagi pada triwulan II-2024 nanti. Bansos juga tidak akan lagi diberikan jor-joran oleh Pemerintah. Oleh sebab itu, Pemerintah perlu mengantisipasi dan mewaspadai kondisi tersebut,” lanjut Anis.

Dilansir dari berbagai sumber, BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I tahun 2024 mencapai 5,11 persen, angka ini naik jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya atau year on year. Capaian digadang sebagai yang tertinggi pada kuartal I sepanjang 2019-2024.Res/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!