Ketua DPR RI, Puan Maharani: Pemerintah Harus Pastikan Kelancaran dan Kenyamanan Natal 2023

Putraindonews.com – Jakarta | Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah menjamin perayaan Natal 2023, dapat berjalan dengan nyaman dan lancar. Ia juga mendorong pihak aparat menjaga keamanan pelaksanaan ibadah Natal bagi umat Nasrani demi kenyamanan bersama.

“Pemerintah harus menjamin perayaan Natal berjalan dengan lancar sehingga saudara kita umat Nasrani dapat beribadah dengan tenang dan nyaman,” pinta Puan Maharani melalui siaran pers resminya, Jumat (22/12/23).

Puan pun berharap aparat TNI/Polri beserta lembaga terkait memberi pelayanan keamanan pada momen Natal dengan sebaik-baiknya. Ia mengatakan, umat Kristiani berhak memperoleh kenyamanan saat ibadah malam Natal pada Minggu (24/12/2023), maupun saat ibadah Hari Natal 25 Desember mendatang.

“Menjadi tugas Pemerintah beserta aparat untuk menjaga agar umat Nasrani dapat merayakan Hari Raya dengan khidmat,” tutur mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) tersebut.

BACA JUGA :   Legislator Minta Penanganan Kasus MT Arman 114 Dilakukan Secara Arif

Politisi PDI Perjuangan ini juga meminta aparat menjaga keamanan gereja atau tempat ibadah umat Kristiani dengan maksimal. Ia pun meyakini, dengan gotong royong bersama dalam wadah persatuan, Hari Raya Natal 2023 bisa berjalan dengan damai di seluruh Tanah Air.

“Pihak TNI/Polri beserta masing-masing Pemda bisa merangkul berbagai elemen bangsa untuk membantu menciptakan harmoni di perayaan Natal. Mari kita menjaga kerukunan umat beragama demi indahnya persatuan dalam bingkai Pancasila,” ungkap Puan.

Di sisi lain, Puan kembali mengingatkan agar Pemerintah mempersiapkan kelancaran arus mobilitas masyarakat selama momen liburan akhir tahun. Apalagi pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini, diprediksi ada lonjakan pergerakan warga yang diperkirakan mencapai 107,6 juta orang.

“Pengecekan kesiapan armada transportasi, darat, laut, udara, dan kereta api serta angkutan penyeberangan harus terus dilakukan sejak sebelum sampai sesudah waktu libur akhir tahun demi kenyamanan masyarakat yang akan mudik atau berlibur. Siapkan juga upaya antisipasi kemacetan di jalanan,” sebutnya.

BACA JUGA :   Komisi III Cek Persiapan Keamanan Jelang Berlangsungnya ‘World Water Forum’ ke-10 di Bali

Lebih lanjut, Puan meminta Pemerintah mengantisipasi kondisi iklim dan cuaca ekstrem. Sebab saat ini sudah memasuki musim penghujan yang rawan dengan bencana.

“Pastikan kementerian dan lembaga terkait saling berkoordinasi agar tidak ada tumpang tindih kebijakan yang dapat berdampak terhadap kenyamanan masyarakat,” ujar Puan.

Cucu Bung Karno ini menambahkan, fasilitas medis pun harus siap baik dari tenaga kesehatan dan infrastrukturnya. Termasuk, kata Puan, di pos-pos pantau perjalanan.

“Terutama dengan adanya peningkatan kasus COVID-19 yang belakangan tengah terjadi. Layanan kesehatan harus jadi perhatian di semua lini. Negara perlu memberikan pelayanan sebaik-baiknya untuk masyarakat di momen libur Natal dan Tahun Baru,” tutup Puan Maharani. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!