Maman Imanulhaq: Jamaah Haji dan Umroh Diminta Patuhi Aturan Visa

Putraindonews.com – Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq mengungkapkan keprihatinan atas jumlah jamaah haji dan umroh yang belum memenuhi syarat administratif, termasuk visa yang diperlukan untuk masuk ke negara lain.

“Tentu saya sangat menyayangkan masih banyak jamaah haji atau umroh yang tidak memenuhi syarat-syarat administratif, termasuk untuk visa yang sebenarnya wajib dimiliki seseorang untuk memasuki negara lain,” kata Maman dalam Dialektika Demokrasi bertajuk ‘Antisipasi Maraknya Jamaah Haji dan Umroh Tanpa Vis Haji’ di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Maman menekankan pentingnya edukasi dari pemerintah dan agen perjalanan haji dan umroh. Karenanya, ia mengimbau kepada pemerintah juga agen-agen travel perjalanan haji dan umroh untuk melakukan edukasi bagi calon jemaah.

BACA JUGA :   Politisi Golkar Sebut Kinerja Satgas Pemberantasan Judi Onlione Berhasil

“Edukasi sangat diperlukan agar para jamaah, baik haji mau pun umrah asal Indonesia tidak mendapatkan kendala ketika melaksanakan rukun Islam kelima nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga menyoroti tindakan tegas yang diperlukan untuk mencegah jamaah melakukan upaya masuk tanpa visa yang sesuai.

“Yang berani masuk ke negara lain, terutama ke Arab Saudi untuk melakukan umroh dan haji tanpa dokumen visa tentu visa yang dimaksud adalah visa haji,” sebut Mama lagi.

BACA JUGA :   Walikota Solo Gibran Rakabuming Undang Ketua DPR RI Puan Resmikan Pasar Legi

Terakhir, Maman mengajak semua pihak, termasuk tokoh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam, untuk terlibat dalam edukasi masyarakat tentang pentingnya memiliki dokumentasi visa sesuai dengan program haji dan umroh.

“Saya berharap juga ada semua pihak termasuk juga para tokoh-tokoh masyarakat, Ormas Islam untuk terus melakukan edukasi kepada masyarakat, agar seluruh masyarakat tahu pentingnya dokumentasi visa kepada jamaah yang mau haji atau umroh sesuai dengan program kita,” demikian harapan Maman Imanulhaq. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!