Hainan Catatkan Pertumbuhan Dagang Bersama Anggota Negara BRI

Putraindonews.com – Haikou | Dalam satu dekade terakhir, Provinsi Hainan di China selatan mencatatkan pertumbuhan perdagangannya dengan negara-negara mitra Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI) dari 57,4 miliar yuan (1 yuan = Rp2.149) atau sekitar 8 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.716) pada 2013 menjadi 94,4 miliar yuan pada 2022, dengan pertumbuhan tahunan rata-rata 5,7 persen, menurut Kepabeanan Haikou.

Dalam tiga kuartal pertama 2023, perdagangan luar negeri provinsi tersebut dengan negara-negara mitra BRI mencapai 81,4 miliar yuan, naik 21,3 persen secara tahunan (year on year).

BACA JUGA :   IISD kedua, Menko Polhukam Tekankan Kemitraan Strategis Bidang Keamanan dengan India

Selama periode ini, lebih dari 1.140 perusahaan di Hainan melakukan bisnis perdagangan luar negeri dengan negara-negara mitra BRI, dan 60 persen lebih nilai perdagangan luar negeri Hainan dengan negara-negara mitra BRI dikontribusikan oleh sektor swasta, sebut Kepabeanan Haikou.

Khususnya dalam satu dekade terakhir, setengah lebih dari total perdagangan luar negeri Hainnan merupakan perdagangan dengan negara-negara mitra BRI.

BACA JUGA :   Pakar Nilai GDI Diusulkan China Besifat Genting

Hainan merupakan simpul penting di sepanjang Jalur Sutra Maritim Abad ke-21. Kepabeanan Haikou akan terus bekerja sama dengan negara-negara mitra BRI di berbagai bidang, seperti perdagangan, inspeksi dan karantina, serta banyak lagi, tutur Zhao Junlun, wakil kepala Kepabeanan Haikou. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!