Menlu AS Tekankan Pentingnya Jaga Stabilitas di Kawasan Selat Taiwan

Putraindonews.com – Jakarta | Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken menekankan pentingnya menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan Selat Taiwan.

“Menteri Blinken menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,” kata juru bicara Deplu AS Matthew Miller, Kamis (13/7).

Hal itu disampaikan Blinken saat bertemu dengan diplomat senior yang juga Direktur Kantor Sentral Urusan Luar Negeri China Wang Yi di sela-sela pertemuan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta, Kamis.

BACA JUGA :   CDC AS Rilis Data Penyakit Konis dan Faktor Risiko Terkait

Menurut keterangan Departemen Luar Negeri AS, pertemuan tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menjaga saluran komunikasi kedua negara dan mengurangi risiko “salah persepsi dan salah perhitungan”.

Kedua pihak juga membahas isu-isu regional, bilateral, dan global termasuk masalah Taiwan.

Pada pertemuan tersebut, Blinken juga secara langsung menyampaikan kekhawatiran AS serta para sekutu dan mitra terkait tindakan China. Blinken mendesak Beijing untuk melakukan kemajuan dalam berbagai tantangan lintas negara.

BACA JUGA :   Skuad U-16 Mulai Latihan Taktik

Blinken juga menjelaskan bahwa AS bersama dengan sekutu dan mitra akan memajukan visi mereka demi tatanan internasional yang bebas, terbuka, dan berbasis aturan.

Kedua pihak sepakat untuk mempertahankan saluran komunikasi terbuka dalam beberapa pekan dan bulan ke depan, kata pernyataan tersebut. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!