Tiongkok Masih Cermati Kebijakan Indonesia Naikkan Tarif Masuk Produk Asal China

Putraindonews.com, Beijing – Pemerintah China terus mencermati adanya kemungkinan kenaikan tarif masuk terhadap produk-produk asal negeri Tirai Bambu itu oleh Indonesia.

“China akan mencermati kemungkinan penerapan ‘safeguard tariff’ yang akan dikenakan Indonesia terhadap produk-produk tertentu, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi hak-hak dan kepentingan perusahaan-perusahaan China,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian dalam konferensi pers di Beijing, China dikutip dari Antara, Kamis (11/7).

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan akan mengenakan bea masuk, bahkan dengan nilai hingga 200 persen pada barang-barang asal China.

BACA JUGA :   Israel Bunuh Jurnalis Palestina

Namun, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan rencana Indonesia menerapkan kebijakan pengenaan bea masuk hingga 200 persen terhadap produk tekstil tidak untuk menyerang negara tertentu, terutama China.

“Kami mencatat terutama soal klarifikasi Menteri Koordinator Luhut dan Menteri Zulkifli Hasan mengenai rencana penerapan tarif tinggi oleh Indonesia terhadap impor China, yang mengatakan bahwa meski ‘safeguard tariff’ dikenakan, tarif tersebut berlaku untuk semua negara dan tidak menargetkan satu negara tertentu, khususnya China,” ungkap Lin Jian.

BACA JUGA :   Ini Tujuan Lima Negara ASEAN Kompak Usulkan Kebaya dalam ICH UNESCO

Lin Jian mengatakan baik China maupun Indonesia mendapat manfaat dari kerja sama kedua negara.

“Kedua negara dengan tegas mendukung perdagangan bebas, menentang proteksionisme dan berkomitmen terhadap pertumbuhan kerja sama perdagangan dan investasi bilateral yang sehat dan stabil,” tambah Lin Jian.

China, menurut Lin Jian, siap bekerja sama dengan Indonesia atas dengan dasar saling menguntungkan untuk meningkatkan perdagangan bilateral dan kerja sama ekonomi, serta mewujudkan perdagangan yang kuat, seimbang, inklusif dan berkelanjutan. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!