Amankan Misa Akbar di Senayan, TNI Turunkan Pasukan dan Penembak Jitu

Putraindonews.com, Jakarta – TNI bakal mengerahkan pasukan khusus hingga penembak jitu alias sniper untuk memperkuat pengamanan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksdya TNI Agus Hariadi menyebut pengerahan pasukan khusus tersebut termasuk dalam prosedur wajib pengamanan tamu kenegaraan.

“Itu (pengerahan pasukan khusus dan sniper) sudah ada protapnya sendiri. Sesuai dengan protap VVIP, kita tidak berani ngambil risiko,” katanya usai apel gabungan TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Senin (2/9).

BACA JUGA :   Antusias Para Pelajar Belanda Ikut Memanen Jagung & Singkong di Desa Sukawening Bogor

Agus menjelaskan pengamanan area Ring-1 Paus Fransiskus akan menjadi tanggung jawab dari Paspampres. Sementara untuk Ring-2 dan Ring-3 menjadi tanggung jawab dari TNI-Polri.

Ia menambahkan akan ada 4.300 personel TNI beserta sejumlah alutsista yang akan disiagakan untuk pengamanan Paus Fransiskus. Kendati demikian ia tidak merinci lebih jauh ihwal jenis dan jumlah alutsista yang dikerahkan dalam operasi pengamanan itu.

BACA JUGA :   Terjunkan 2.520 Personil, PLN UIK Sumbagsel Pastikan Listrik Andal Jelang Idul Fitri

“Untuk pasukan TNI yang digelar di operasi ini sekitar 4.300 dengan standar kekuatan alutsista yang sudah ada basic-nya,” tandasnya. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!