Anies Baswedan Ajak Publik Resapi Pemikiran Bung Karno

Putraindonews.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta periode 2019-2014, Anies Baswedan mengajak publik Indonesia agar meresapi pemikiran Presiden RI pertama, Soekarno dan para pendiri bangsa pada momentum Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

“Momentum hari ini, Hari Lahir Pancasila, mari gunakan untuk membaca kembali pemikiran Bung Karno dan juga para pendiri bangsa lainnya, merenungi cita-cita yang mereka idamkan untuk bangsa yang besar ini. Selamat Hari Lahir Pancasila,” kata Anies dikutip dari akun media sosialnya di Jakarta, Sabtu (1/6).

BACA JUGA :   Renovasi Kamar Khusus Penyandang Disabilitas di Wisma Atlet Kemayoran Ditargetkan Rampung Awal Juli 2018

Dirinya mengenang pidato Bung Karno pada Sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945 silam. Saat itu, Bung Karno menyampaikan empat prinsip dasar negara, bukan hanya kebangsaan Indonesia atau nasionalisme.

“Sering kita mengingat Bung Karno hanya pada prinsip pertamanya, yaitu Kebangsaan Indonesia atau nasionalisme,” jelasnya.

Namun, sesungguhnya Bung Karno dalam pidatonya langsung melanjutkan prinsip pertama tadi dengan prinsip lainnya, yaitu prinsip internasionalisme atau humanisme, prinsip mufakat atau demokrasi, dan prinsip kesejahteraan sosial.

BACA JUGA :   Otoritas Pelabuhan Sampit Persiapkan Arus Mudik Lebaran Lebih Awal

Dari empat prinsip itu, Anies menyimpulkan bahwa peduli pada peran Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia, memastikan segala bangsa telah meraih hak kemerdekaannya adalah amanah Pancasila.

“Menjaga tegaknya prinsip-prinsip demokrasi juga amanah Pancasila. Mendorong negara menghadirkan keadilan sosial dalam segala kebijakannya juga amanah Pancasila, amanah Bung Karno,” tandasnya. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!