BNPT Sebut TNI Punya Peran Penting Jaga Kedaulatan Indonesia

Putraindonews.com, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Eddy Hartono menyebut bahwa TNI punya peran penting dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan keamanan yang dapat mengancam persatuan dan keutuhan nasional.

“Selama 79 tahun TNI hadir menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan semangat patriot, TNI mampu bersinergi dengan seluruh elemen bangsa untuk mengayomi rakyat dari berbagai tantangan yang dapat mengancam keselamatan dan persatuan bangsa,” kata Eddy dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (5/10).

Sebagai garda depan dalam menjaga pertahanan negara, menurutnya, TNI juga memegang peranan penting dalam upaya penanggulangan terorisme di Tanah Air.

BACA JUGA :   Gubernur Bali ; Jadikan Ajang PKB Sebagai Pestanya Rakyat

Menurut dia, TNI berkontribusi secara signifikan untuk menciptakan stabilitas nasional dan menjaga keselamatan warga negara dari ancaman kelompok radikal.

Keberhasilan ini, lanjut Komjen Pol. Eddy, tidak hanya dilihat dari perspektif keamanan fisik, tetapi juga dari peran TNI dalam membangun koordinasi yang kuat dengan lembaga-lembaga lain, termasuk BNPT dan Polri.

Dalam banyak kasus, TNI bersama Polri berperan aktif dalam operasi intelijen, pencarian, dan penggerebekan yang berujung pada penangkapan pelaku terorisme.

Kekuatan militer TNI yang didukung oleh kemampuan taktik yang unggul, kata Komjen Pol. Eddy, menjadi modal utama dalam operasi-operasi ini sehingga dapat menekan potensi terorisme di berbagai wilayah Indonesia, terutama di daerah-daerah yang dianggap sebagai basis persembunyian teroris.

BACA JUGA :   DPC PKB Kabupaten Maros resmi membuka pendaftaran Bacaleg

Komjen Pol. Eddy mengemukakan bahwa kolaborasi ini menunjukkan bahwa dalam penanganan terorisme, kekuatan senjata saja tidak cukup. Dibutuhkan pendekatan holistik yang melibatkan semua pihak, termasuk TNI, dalam rehabilitasi dan pencegahan radikalisasi.

Ia berharap peran penting TNI makin kuat dalam menjaga pertahanan negara, terutama dalam mengawal suksesi kepemimpinan nasional.

“Semoga makin kuat dan solid menjadi benteng terdepan pertahanan negara. TNI modern bersama rakyat siap mengawal suksesi kepemimpinan nasional untuk Indonesia maju,” kata dia.

Dengan semangat tersebut, dia mengharapkan TNI terus memperkuat kolaborasi di dalam menghadapi ancaman terorisme yang makin kompleks, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Red/ HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!