Forum Anak Kabupaten Gowa dan DP3A Kabupaten Gowa Gelar Lomba Menggambar, Baca Puisi, dan Vlog

Putraindonews.com, Sulsel – Ada banyak cara kreatif untuk mengkampanyekan penghentian bullying dan kekerasan terhadap anak. Sebagaimana dilakukan oleh Forum Anak Hasanuddin Tamalla’Jua Kabupaten Gowa bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Gowa.

Kedua lembaga ini berkolaborasi menggelar Lomba Menggambar, Baca Puisi dan Vlog di Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa, Minggu, 8 September 2024. Lomba yang diadakan bertepatan dengan Hari Literasi Internasional ini, juga untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Gowa, tahun 2024.

Tema kegiatan adalah “Petualangan Cerdas: Jelajah Dunia Anak yang Terlindungi”. Peserta berasal dari 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gowa, Kawaidah Alham S.Sos M.Si, menghadiri langsung perlombaan ini. Pelaksanaan lomba berjalan dengan lancar dan penuh antusias.

Para peserta terdiri dari tingkat SD untuk lomba menggambar, lomba baca puisi tingkat SMP/sederajat, serta lomba Vlog untuk tingkat SMA/sederajat. Peserta disyaratkan bersekolah dan berdomisi di Kabupaten Gowa, yang dibuktikan dengan Kartu Identitas Anak (KIA) dan akta kelahiran sebagai bukti usia peserta.

BACA JUGA :   Banjir Rendam 13 Kelurahan di Kota Solok

Kegiatan berjalan dengan baik karena adanya partisipasi dan kerjasama antara Panitia Pengurus Forum Anak Kabupaten Gowa, dengan Bunda-Bunda dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Gowa.

Khansa Nufah Savannah, dari SMP Negeri 1 Pallangga, tampil membacakan puisi berjudul “Batin Anak Korban Kekerasan”. Puisi ini merupakan karya Rusdin Tompo, penulis dan pegiat literasi yang juga fokus pada isu media dan perlindungan anak. Rusdin Tompo juga dikenal sebagai aktivis yang banyak membantu pembentukan Sekolah Ramah Anak (SRA).

Dalam lomba ini Khansa Nufah Savannah, keluar sebagai Juara II Lomba Baca Puisi. Dia berharap, semoga ke depannya kegiatan seperti ini semakin mendapat perhatian agar siswa bisa mengembangkan bakat dan minatnya di dunia seni dan sastra.

BACA JUGA :   KASUS JOKO TJANDRA, MAHFUD MD ; Aparat yang Terlibat Diusut Secara Pidana

Rosita Desriani, ibu dari Khansa, mengapresiasi lomba ini. Sebagai orang tua, katanya, tentu ia akan terus memberikan dorongan, motivasi, dan pendampingan kepada anaknya agar terus mengembangan bakat dan minatnya, khususnya di bidang sastra.

Berikut daftar pemenang lomba yang diadakan Forum Anak Hasanuddin Tamalla’Jua Kabupaten Gowa dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Gowa.

Pemenang Lomba Baca Puisi:
Juara I, Andi Nabilah Zahirah (SMPIT Al -Fityan)
Juara II, Khansa Nufah Savannah (SMPN 1 Pallangga)
Juara III, Aliyah Latifah (SMPN 2 Barombong)

Pemenang Lomba Menggambar:
Juara I, Zahra Maheswari (SD IT Al-Fityan)
Juara II, Fazlia shidqia (SD IT Al-Fityan)
Juara III, Aditta Maelona (MI Madani Alauddin)

Pemenang Lomba Vlog:
Juara I SMAN 3 Gowa
Juara II SMAN 1 Gowa
Juara III SMAN 9 Gowa

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!