Jumlah Pengunjung Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan Masih Tinggi

Putraindonews.com, Sulsel – Minat orang berkunjung ke perpustakaan masih tinggi. Mereka tak hanya datang untuk membaca tapi juga mencari referensi untuk tugas kuliah, penelitian, berdiskusi, dan keperluan lain.

Hal itu tercermin pada pengunjung di Bagian Deposit Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan. Bagian Deposit ini berada di Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan Sultan Alauddin, Tala Salapang, Kota Makassar.

Adriani menyampaikan, pada periode tiga bulan terakhir, yakni Juni hingga Agustus 2024, jumlah pemustaka yang berkunjung ke Bagian Deposit yang berada di lantai 2 Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan, mencapai 2.806 pemustaka.

“Ini khusus data di Bagian Deposit. Kalau data di seluruh perpustakaan yang dinaungi DPK Sulsel akan banyak lagi. Karena kita punya lima kantor, di mana 4 kantor di antaranya merupakan layanan,” jelas Adriani Binti Nasir, S.I.P, pustakawan pada DPK Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu, 14 September 2024 kemarin.

BACA JUGA :   Tarif 50% dari Batas Atas, Penerbangan Murah Domestik Tersedia Hari Selasa, Kamis, dan Sabtu

Adriani menambahkan, buku-buku dan dokumen di Bagian Deposit merupakan koleksi lokal dari 24 kabupaten/kota. Ada juga koleksi dari provinsi-provinsi yang berada di Sulawesi.

Pustakawan yang fasih membaca aksara Jawi itu ditemui Rusdin Tompo, berkaitan dengan Hari Kunjung Perpustakaan. Rusdin Tompo yang dikenal sebagai penulis dan editor itu, memanfaatkan momen Hari Kunjung Perpustakaan untuk menyerahkan buku berjudul “Layanan Perpustakaan Berkualitas” karya Nasyidah, S.Sos, M.AP. Buku ini disunting oleh Rusdin Tompo.

Adriani lantas merinci jumlah pengunjung koleksi deposit. Bulan Juni, terdapat 890 pengunjung, Juli ada 1.020 pengunjung, sedangkan bulan Agustus tercatat ada 896 pengunjung.

BACA JUGA :   SELAMA MARET 2021, Lebih Dari 10 Juta Bansos Telah Disalurkan Kepada KPM

Bila dibedakan dari jenis kelamin, maka jumlah pengunjung laki-laki sebanyak 1.367 orang. Angka ini lebih sedikit daripada jumlah pengunjung perempuan yang mencapai 1.439 orang.

Pada kesempatan itu, Adriani juga membeberkan jumlah koleksi karya cetak karya rekam (KCKR) di Bagian Deposit DPK Provinsi Sulawesi Selatan. Jumlah KCKR sebanyak 6 250 judul, dan 18.106 eksemplar.

“Jumlah koleksi budaya etnis Nusantara yang tersimpan dan/atau terdaftar yang ada di wilayah itemnya sebanyak 191 judul, dan 846 eksemplar,” tambah Adriani.

Buku “Layanan Perpustakaan Berkualitas” merupakan karya ketiga dari Nasyidah, Pustakawan Ahli Utama, DPK Provinsi Sulawesi Selatan. Sebelumnya, Nasyidah sudah menerbitkan buku “Perpustakaan 4.0” (2023), dan “Perpustakaan Ibu dan Anak” (2024). Red/RT

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!