Ketum APINDO Sebut Dunia Usaha Dukung Komitmen Indonesia Tekan Emisi Karbon melalui Green Economy

Putraindonews.com, Jakarta – Ketua Umum APINDO Shinta W. Kamdani menjadi pembicara dalam The Economics BUMN Forum 2024 bertema Optimalisasi Kontribusi BUMN untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, Kamis (20/6/2024) di The Sultan Hotel Jakarta.

Dalam paparannya, Shinta mengungkapkan dunia usaha mendukung Komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi karbon dengan membangun dan mengembangkan green economy yang menetapkan target penurunan emisi gas rumah kaca di Indonesia, sekitar 29%.

BACA JUGA :   Kebijakan Strategis, Kota Bengkulu Jadi Pilot Project Atasi Kelangkaan LPG 3 Kg

“Dengan upaya sendiri dan 41% dengan dukungan internasional pada tahun 2030. Indonesia menetapkan target Net Zero Emission pada tahun 2060 atau lebih cepat jika mendapat dukungan internasional,” katanya.

Meskipun demikian, kata dia, dunia usaha juga menghadapi tantangan investasi dalam transisi menuju green economy. Berdasarkan hasil survei APINDO, 77,42% perusahaan belum menerapkan penggunaan energi terbarukan (panel surya, biogas, hidroelektrik, dll) dalam proses bisnis.

Pada hasil survei yang lain, dalam menerapkan ataupun tidak menerapkan pemanfaatan energi terbarukan, yang menjadi pertimbangan utama dari pelaku usaha adalah pembiayaan (66,82%), kapasitas pengetahuan (39,00%), kualitas SDM perusahaan (29,96%), dan regulasi (24,69%).

BACA JUGA :   Mendagri Jamin Perlindungan Data dalam Pemanfaatan KTP-el

Sebagai penutup, Shinta berharap kemitraan strategis antara BUMN dan perusahaan swasta, salah satunya memungkinkan pertukaran pengetahuan dan praktik terbaik, misalnya dari dunia usaha yang dapat memperkuat tata kelola dan operasi BUMN. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!