Laporan Pelaksanaan PPDB Jenjang SMP Tahun Ajaran 2024/2025 Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung

Putraindonews.com, Tulungagung – Pemerintah Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung telah selesai melaksanakan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025 ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dengan menggunakan sistem Aplikasi berbasis Online, para peserta didik bisa mengakses melalui internet untuk melakukan pendaftaran. Sistem Aplikasi Online yang digunakan dalam pelaksanaan PPDB Tahun ini merupakan sebuah sistem aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi web yang telah dirancang untuk memudahkan calon peserta didik baru dalam melakukan pendaftaran, verifikasi data, dan memantau status seleksi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung, Rahadi Puspita Bintara,. S.E, M.Si menyampaikan “Alhamdulillah pelaksanaan PPDB tahun ini sudah terlaksana dengan baik dan lancar. Masing-masing sekolah juga sudah menerapkan sistem aplikasi online yang sudah disiapkan oleh pemerintah, walaupun mungkin masih ada beberapa kekurangan tapi semuanya bisa diatasi dengan baik” ungkapnya.

BACA JUGA :   Indonesia – Jepang Berbagi Pengalaman Mitigasi Bencana Gempa dan Tsunami

Sistem PPDB online yang sudah di terapkan ini mempunyai beberapa fitur utama, diantaranya yaitu meliputi beberapa tahap seperti Pendaftaran, Verifikasi Data, Tahap Seleksi (berdasarkan Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orang Tua, Anak Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Prestasi baik secara Akademik maupun Non Akademik), dan Tahap terakhir yaitu Pengumuman Hasil Seleksi.

Untuk jumlah SMP Negeri yang ada di Kabupaten Tulungagung yaitu totalnya ada 48 Sekolah, terbagi di setiap kecamatan dan desa. Masing-masing sekolah juga berbeda-beda jumlah siswanya. Pak Pipit sapaan akrab beliau menambahkan “Untuk PPDB tahun ini, total keseluruhan diikuti oleh 8.873 Calon Peserta Didik Baru dari tingkat SD Negeri dan Swasta dan tingkat MI Negeri dan Swasta. Yang sudah lolos seleksi yaitu total keseluruhannya ada 8.367 siswa terbagi di 48 SMP Negeri yang ada di Kabupaten Tulungagung”, imbuhnya.

BACA JUGA :   Bamsoet Bagikan Ribuan Paket Sembako di Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen 

Kendati demikian, beliau juga memberikan informasi bahwa ada beberapa sekolah yang tidak bisa memenuhi jumlah pagu yang sudah ditetapkan. “Memang ada beberapa sekolah yang jumlah Pagu nya tidak sesuai target, dan ini tentunya akan menjadi PR kedepan buat kami dan masing-masing sekolah agar dapat menarik minat siswa-siswi baru di sekolahnya ditahun yang akan datang”.

Pelaksanaan PPDB online jenjang SMP di Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2024/2025 merupakan sebuah langkah maju untuk meningkatkan efisiensi dan transparasi  dalam proses penerimaan calon peserta didik baru. Beliau juga menambahkan “Kami akan terus meningkatkan pelayanan dan melakukan evaluasi serta perbaikan pada sistem Aplikasi PPDB Online di Kabupaten Tulungagung agar semakin baik dan berkualitas di masa depan. Dan tentunya juga untuk mempermudah masyarakat Kabupaten Tulungagung”, imbuhnya. Red/GS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!