Menangkan Hati Masyarakat Papua, BNPT Dorong Pendekatan Kemanusiaan

Putraindonews.com, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mendorong semua pihak untuk menjaga kebersamaan di tanah Papua dengan mengutamakan pendekatan kemanusiaan guna memenangkan hati dan pikiran masyarakat setempat. Hal itu dilakukan guna memenangkan hati dan pikiran masyarakat setempat.

Dalam kegiatan Diskusi Kelompok Terarah Pembentukan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Papua Barat Daya di Sorong, Kamis (26/9), Direktur Pencegahan BNPT Irfan Idris mengatakan upaya memenangkan hati dan pikiran merupakan strategi BNPT dalam upaya membangun kesiapsiagaan dengan pendekatan lunak atau soft approach.

BACA JUGA :   DKI dan Kementerian Perhubungan Terbanyak Pekerjakan PNS Berstatus Terpidana Korupsi

“Mari jaga kebersamaan di Papua ini, utamakan pendekatan kemanusiaan bagaimana memenangkan hati dan pikiran,” kata Irfan dikutip dari Antara, Jumat (27/9).

Ia menjelaskan dalam upaya membangun kesiapsiagaan, terdapat dua strategi yang dibangun BNPT, yakni soft approach dan pendekatan keras (hard approach).

Dia mengungkapkan hard approach telah berhasil dilakukan melalui penegakan hukum, sehingga saat ini penguatan soft approach perlu dilakukan, terutama dalam memberdayakan masyarakat serta memenangkan hati dan pikirannya.

Kendati demikian Irfan menegaskan, langkah soft approach membutuhkan campur tangan dan peran seluruh pihak, seperti FKPT, organisasi masyarakat, kementerian/lembaga, serta komponen bangsa lainnya.

BACA JUGA :   Presiden Jokowi Hadiri Pengambilan Sumpah 2 Hakim Konstitusi dan Lantik Dubes Baru RI Untuk Nigeria

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) sekaligus calon Ketua FKPT Papua Barat Daya Selly Sangkek mengapresiasi kehadiran BNPT dan menyatakan kesediaannya untuk berkiprah dalam pembentukan FKPT di daerah tersebut.

“Kami apresiasi sekali atas kedatangan BNPT. Kami akan belajar dan berkiprah sesuai tugas kami dalam pembentukan FKPT Papua Barat Daya,” ucap Selly. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!