Menko Polhukam Akui Festival Sastra Saraswati Sewana Berikan Pesan Penting

Putraindonews.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengakui bahwa Festival Sastra Saraswati Sewana memberikan literasi budaya kepada masyarakat tentang pemikiran para leluhur bangsa.

“Pesan-pesan itu adalah pesan-pesan kemanusiaan untuk bisa memberikan kesejahteraan, memberikan kebahagiaan, keteladanan yang datang dari rakyat berdasarkan pesan-pesan yang sudah disampaikan oleh para leluhur,” kata Menko Hadi saat membuka kegiatan tersebut di Ubud, Bali, Sabtu (20/7).

Menurut Hadi Tjahjanto, banyak yang bisa dipelajari dari para leluhur bangsa, terutama dalam menyatukan beragam suku dan budaya hingga akhirnya menjadi sebuah bangsa.

BACA JUGA :   Vonis 1.6 Terhadap Terdakwa Richard Eliezer Wujud Keberhasilan LPSK

Salah satu faktor utama terwujudnya hal tersebut, yakni sosok kepemimpinan kuat yang dimiliki para leluhur bangsa.

Hadi melanjutkan dalam festival yang mengangkat tema Niti Raja Sasana, Tongkat Sastra Kepemimpinan Negeri, masyarakat juga diajarkan tentang kebudayaan bangsa yang bersifat adaptif dan berkembang sehingga dapat membuat bangsa menjadi semakin besar.

Dengan adanya kegiatan ini, Hadi berharap masyarakat akan selalu melestarikan kebudayaan bangsa sehingga tidak tergerus oleh perkembangan zaman.

Untuk diketahui, Festival Sastra Saraswati Sewana 2024 diadakan untuk empat tujuan.

BACA JUGA :   Insan Pariwisata Bali Syukuran Atas Suksesnya Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, 20 Oktober 2019

Pertama, untuk menggali nilai-nilai dan ajaran kepemimpinan Bali yang tercatat dalam berbagai manuskrip dan sumber-sumber lisan warisan para leluhur.

Tujuan Kedua yakni mengkaji relevansi nilai-nilai dan ajaran kepemimpinan Bali dalam konteks ke konteks kekinian.

Selanjutnya untuk mengadaptasi dan merevitalisasi nilai-nilai dan ajaran kepemimpinan Bali sebagai tongkat dan panduan etik bagi para pemimpin terpilih.

Terakhir untuk meneruskan nilai-nilai dan ajaran kepemimpinan Bali pada generasi muda, khususnya milenial dan gen Z. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!