MenPANRB Sebut Transformasi Digital Birokrasi Bentuk Peningkatan Anggaran

Putraindonews.com, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyebut transformasi digital birokrasi merupakan salah satu aspek mendukung peningkatan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran.

Hal itu disampaikan Anas pada penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II (IHPS II) tahun 2023 di Jakarta, Senin (8/7).

Menurutnya, transformasi digital akan mendukung pelayanan terintegrasi dan penyederhanaan tata kelola pemerintahan.

“Dalam konteks ini maka digitalisasi birokrasi yang terintegrasi menjadi penting dalam rangka mendukung tata kelola dan akuntabilitas,” kata Anas.

BACA JUGA :   Perlu Ketegasan Pemimpin di Daerah dalam Menanggulangi Bencana Banjir Jabodetabek

Untuk itu, dia menilai opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan pemerintah adalah bukanlah prestasi melainkan kewajiban.

“Hari ini Bapak Presiden memberikan arahan agar akuntabilitas itu menjadi prioritas dan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) itu bukan prestasi tetapi kewajiban,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden RI Joko Widodo juga meminta jajarannya untuk melanjutkan reformasi struktural, sinkronisasi regulasi, serta penyederhanaan prosedur agar pemerintah berjalan lebih efektif, efisien, serta berorientasi pada hasil.

BACA JUGA :   Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) "Minaula" Di Kendari Gelar Bimbingan Teknik Penguatan Keluarga Dan Masyarakat Pengembangan Model Perawatan Sosial Lanjut Usia

Presiden berharap BPK dan seluruh instansi pemerintah menggunakan dan membelanjakan APBN dan APBD secara bertanggung jawab.

“Ini uang rakyat, uang negara, kita harus menyadari bahwa setiap tahun pasti diaudit, pasti diperiksa. Jadi, kewajiban menggunakan APBN dan APBD secara baik dan juga menjalankan APBN dan APBD secara baik, serta mempertanggungjawabkannya secara baik pula,” ungkap Jokowi. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!