Novita: Hutan Miliki Peran Vital dalam Keberlanjutan Lingkungan Hidup

Putraindonews.com – Peringatan Hari Hutan Indonesia yang dilakukan setiap 7 Agustus, momen penting untuk mengingat betapa vitalnya peran hutan dalam keberlanjutan lingkungan hidup dan kesejahteraan bangsa. Terlebih, keberadaan hutan Indonesia memiliki peran krusial sebagai paru-paru dunia.

Demikian disampaikan Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti dalam keterangannya, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Hutan-hutan di Indonesia, menurut Novita, tidak hanya menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna endemik, tetapi juga berfungsi sebagai paru-paru dunia, yang membantu mengatur iklim global dan menyerap emisi karbon.

“Sehingga menjaga dan melestarikan hutan Indonesia merupakan tanggung jawab bersama, demi keberlanjutan ekologi dan ekonomi sebagai bagian dari visi Indonesia Emas 2045,” imbuhnya.

BACA JUGA :   Jasa Raharja Cabang Babel Gelar Edukasi Tertib Lalin

Apalagi, visi Indonesia Emas 2045 bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju dan sejahtera. Sehingga, semua pihak harus memastikan bahwa pembangunan ekonomi berjalan seiring dengan pelestarian lingkungan.

Wakil Ketua BURT DPR RI ini berpandangan, salam mencapai visi tersebut ada beberapa langkah strategis yang harus dilakukan, dari penguatan kebijakan dan penegakan hukum. Termasuk pengembangan ekonomi hijau, pendidikan dan kesadaran masyarakat tentang peran penting keberadaan hutan.

“Juga memperkuat kerjasama dengan negara-negara lain dan organisasi internasional dalam upaya konservasi hutan. Hingga menjalankan program reboisasi dan restorasi hutan yang telah rusak. Dengan pendekatan ilmiah dan partisipasi aktif masyarakat lokal, yang bisa mengembalikan fungsi ekosistem hutan yang hilang,” papar legislator dari Dapil Jawa Tengah VIII ini.

BACA JUGA :   Bhayangkari Kupang Serahkan Bantuan kepada Siswa Kurang Mampu di Tiga Sekolah Desa Tasbatan II

Dengan langkah-langkah ini, Novita berharap hutan Indonesia akan tetap lestari, tidak hanya untuk generasi saat ini, tetapi juga untuk generasi penerus bangsa selanjutnya.

“Mari jadikan peringatan Hari Hutan Indonesia sebagai momentum berkomitmen dan bertindak nyata dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045, di mana kemakmuran dan kelestarian lingkungan hidup berjalan seiring,” tutup politisi Partai Gerindra tersebut. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!