Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Bangga Raih Peringkat Lima di Peparnas 2024

Putraindonews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) bangga kontingen Sumatera Utara (Sumut) barhasil meraih peringkat lima pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII tahun 2024 di Jawa Tengah (Jateng). Pada Peparnas kali ini Sumut memperoleh 73 medali, yaitu 28 emas, 26 Perak, 19 perunggu.

“Kami Pemprov Sumut bangga, dan senang, kontingen Sumut berada di peringkat lima, atas nama Pemprov Sumut, Pj Gubernur Agus Fatoni mengucapkan selamat kepada seluruh atlet yang telah mengharumkan nama Sumut,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Ilyas Sitorus yang mewakili Pj Gubernur Agus Fatoni saat menyambut kontingen Peparnas Sumut di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Minggu (13/10/2024).

Ilyas mengatakan perolehan yang diraih Sumut meningkat dari Peparnas sebelumnya. Pada Peparnas Papua, Sumut memperoleh 27 emas. Meningkat 1 medali emas pada tahun 2024.

“Perolehan emas pun meningkat, kita sangat mengapresiasi dedikasi para pejuang daerah ini, kedepannya kita harapkan prestasi anak-anak kita terus meningkat, serta menjadi inspirasi bagi anak-anak Sumut untuk berjuang tanpa batas,” kata Ilyas.

BACA JUGA :   Eks Direktur SDM Pertamina Maju Bupati Purbalingga

Pemprov Sumut pun akan terus mendukung kemajuan atlet di Sumut. Untuk mendukung kemajuan tersebut pun diperlukan sinergi dari seluruh pihak.

“Penting bagi kita untuk mengingat bahwa prestasi ini bukan hanya hasil dari kerja keras atlet, tetapi juga dukungan dari keluarga, pelatih, dan masyarakat. Dengan sikap positif dan semangat persatuan, kita akan terus mendukung perkembangan olahraga di sumatera utara,” tambah Ilyas.

Salah seorang atlet cabang olahraga lari Mian Sirait yang memperoleh dua emas dan satu perunggu mengatakan, dukungan Pemprov Sumut selama persiapan cukup baik. Ia juga mengapresiasi sambutan meriah dari Pemprov Sumut di Bandara Kualanamu.

BACA JUGA :   BPBD OKU Bersama Basarnas Palembang Lakukan Pencarian Korban Hanyut

“Sambutannya sangat luar biasa, sangat menghargai perjuangan kami yang berjuang selama Peparnas membawa nama harum Sumut,” kata Mian.

Senada dengan Mian, Ketua National Paralympic Comitee Sumut Alan Sastra Ginting juga menyebut dukungan Pemprov Sumut sangat luar biasa. Dengan dukungan tersebut, kontingen Sumut pun berhasil meraih prestasi yang didapat saat ini.

Alan juga mengharapkan bonus yang didapat atlet Peparnas sama seperti yang didapat dengan atlet PON. “Harapan kita, sama apa yang didapat atlet PON, atlet Peparnas juga dapat, tidak ada perbedaan,” kata Alan.

Sebagai informasi, Sumut mengutus sebanyak 164 kontingen yang terdiri dari 99 atlet, 34 atlet, 30 ofisial, dan satu ketua kontingen. Prestasi lain yang diraih Sumut yaitu juara umum pada cabang olahraga Para Taekwondo dengan perolehan 5 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Red/FT

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!