Pemprov Riau Terima Hibah Tanah Dari Masyarakat Kepenghuluan Balam Jaya Rokan Hilir

Putraindonews.com, Riau – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menerima hibah tanah dari masyarakat Kepenghuluan Balam Jaya yang berlokasi di Jalan Lintas Riau – Sumatera Utara, Kecamatan Balai Jaya, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Rabu, (11/9/2024).

Penyerahan tersebut ditandai dengan ditandatanganinya naskah dan sertifikat hibah oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto dan Penghulu Balam Jaya, Mangapul Nababan, didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Edi Rusma Dinata.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Balai Jaya, B.Y Sitorus mengatakan bahwa pihaknya mengusulkan agar lahan dengan luas 60 x 200 meter tersebut untuk dibangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

B.Y Sitorus melaporkan, saat ini di tiga Kepenghuluan yang ada di Kecamatan Balai Jaya yaitu Kepenghuluan Balam Sempurna, Balam Jaya, dan Kelurahan Balam Sempurna sudah memiliki 6 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN), namun belum ada satupun SMAN yang dibangun di daerah tersebut.

BACA JUGA :   BUPATI BANGKA TINJAU BUDIDAYA JAMUR TIRAM

Hal inilah yang membuatnya miris sebab anak-anak harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk sampai ke SMAN mereka yang berlokasi di Kecamatan lain, bahkan ada masyarakat yang harus menyekolahkan anak-anaknya sampai keluar Kota, hingga keluar Provinsi Riau.

Bahkan tak jarang para siswa-siswi tersebut ada yang harus putus sekolah karena kondisi ekonomi keluarganya tak memungkinkan untuk menyekolahkan mereka keluar daerah.

“Para siswa-siswi sangat mengalami kesulitan karena tidak adanya jenjang pendidikan SMA yang dapat menampung mereka. Jadi mereka ada yang bersekolah diluar Kecamatan, yang membutuhkan biaya transportasi yang cukup besar, belum lagi rawan akan kecelakaan,” ungkapnya.

BACA JUGA :   Pengembangan SDM Konstruksi : Kementerian PUPR Percepat Program Sertifikasi

Oleh sebab itu pihaknya sangat berharap agar pemerintah dapat merealisasikan pembangunan SMK tersebut. Sehingga generasi muda di Kecamatan Balai Jaya dapat mengenyam pendidikan yang layak.

Menaggapi hal ini Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto menyambut baik usulan tersebut. Dikatakannya pihaknya akan segera merealisasikan pembangunan SMK tersebut dalam waktu dekat.

“Atas hibah aset ini, Kami dari Pemprov Riau memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Rohil dan masyarakat yang telah menghibahkan tanahnya. Semoga rencana ini bisa cepat kita laksanakan,” kata SF Hariyanto. Red/JH

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!