Pengesahan Warga Baru PSHT Cabang Kabupaten Blitar Tanamkan Nasionalisme dan Menjaga Marwah Perguruan

Putraindonews.com, Blitar – Keluarga besar pencak silat perguruan di Kabupaten Blitar, yakni Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Blitar menggelar acara Malam Tasyakuran dan Pengesahan rutin setiap tahun baru hijriah atau tepatnya di bulan syuro PSHT melakukan pengesahan sebagai warga baru. Kegiatan yang menghadirkan semua pengurus serta ketua Koni Kabupaten Blitar di gelar di Gedung Serba Guna Pemkab Blitar Lama, Jum’at malam (12/07/24).

Pengesahan warga baru PSHT tingkat I dilaksanakan pada bulan suro. Prosesi pengesahan ini setelah siswa mengikuti latihan pencak silat dengan tujuan mengasah kemampuan teknik bela diri dan memperdalam pengetahuan tentang silat.

Ketua PSHT Cabang Kabupaten Blitar, Tugas Nanggolo Yudo Dili Prasetiono mengatakan, acara pengesahan warga baru sekaligus tasyakuran adalah bagian dari acara sakral, hal ini juga untuk memotivasi siswa terhadap ajaran luhur pendiri PSHT.

BACA JUGA :   GUNUNG ANAK KRAKATAU ERUPSI SETINGGI 1.000 METER, STATUS TETAP WASPADA

“Setelah melalui pengesahan dan dinyatakan menjadi warga baru PSHT, maka sangat diharapkan bisa menjaga marwah dari pendahulu kita dan berperilaku sesuai ajaran SH. Disamping itu warga PSHT harus bisa membawa tanggung jawab untuk mematuhi ajaran dan prinsip-prinsip organisasi, serta menjadi teladan bagi masyarakat sekitar,” kata Tugas Nanggolo

Tugas Nanggolo menekankan, pengesahan warga baru ini juga dimaksudkan untuk mempertahankan nilai-nilai persaudaraan, kejujuran, dan kebersamaan, semua calon warga harus memenuhi syarat pengesahan. Setelah calon warga akan resmi menjadi anggota PSHT dapat mengikuti berbagai kegiatan organisasi.

BACA JUGA :   Dihadapan Ketua Mahkamah Agung Triyono Martanto Ucapkan Sumpah Jabatan

“Ada beberapa tingkatan di PSHT, pertama dari tingkat polos sabuk hitam, sabuk jambon, sabuk hijau, sabuk putih kecil, setelah itu warga tingkat I. Warga PSHT sendiri terbagi menjadi 3, pertama warga tingkat I, warga tingkat II dan warga tingkat III,” jelasnya.

SH Terate adalah seni bela diri silat dengan pengajaran budi luhur dan mengutamakan persaudaraan antar anggota. Ketua PSHT Cabang Kabupaten Blitar ini menghimbau kepada seluruh Warga PSHT agar bisa menjaga kondusifitas wilayah supaya Kabupaten Blitar menjadi baik menuju Indonesia emas.

Acara pengesahan warga baru dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Kota/ Kabupaten Blitar, forkompinda, KONI, IPSI, perwakilan perguruan silat dan tokoh masyarakat. Redaksi/Rif

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!