Persiapan Berkemah, Murid-Murid SD Negeri Borong Latihan Pramuka

Putraindonews.com, Makassar – Pramuka itu harus tabah, sabar, dan disiplin. Juga mesti punya kejuiuran dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Demikian diingatkan oleh Rosmiaty, S.Pd.I, Pembina Gugus Depan (Gudep) 06.029-06.030 Pramuka SD Negeri Borong, di hadapan murid-muridnya, Jumat, 21 Juni 2024.

Murid-murid sekolah di Kecamatan Manggala, Kota Makassar, itu merupakan anggota Pramuka yang akan mengikuti perkemahan tingkat Kecamatan Manggala pekan ini. Mereka sudah tiga hari berlatih di halaman sekolah, dipimpin langsung oleh Bu Rosmiaty, yang juga merupakan guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

BACA JUGA :   RAKER DENGAN KOMISI V, Basuki Bahas Pagu Indikatif PUPR 2022 Sebesar Rp 100,46 Triliun

Dalam latihan anak-anak dimotivasi untuk percaya diri dan menjadi pemimpin. Andi Aisyah Ramadhani, murid kelas 4, memimpin pembacaan Tri Satya. Tri Satya merupakan janji yang diucapkan dan dipegang teguh oleh setiap anggota Pramuka.

Sementara Nayla Nur Inayah dengan lantang membaca Dasadarma lalu diikuti oleh teman-temannya, poin demi poin. Murid kelas 4 itu mulai membaca Dasadarma. Satu, Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dua, Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Tiga, Patriot yang sopan dan kesatria. Empat, Patuh dan suka bermusyawarah. Lima, Rela menolong dan tabah. Enam, Rajin, terampil, dan gembira. Tujuh, Hemat, cermat, dan bersahaja. Delapan, Disiplin, berani, dan setia. Sembilan, Bertanggungjawab dan dapat dipercaya. Sepuluh, Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.

BACA JUGA :   Panglima TNI Berharap Dukungan Logistik Operasi TNI Lebih Optimal

Murid-murid Pramuka ini berlatih baris berbaris dan upacara bendera. Selain itu mereka juga bermain aneka permainan, seperti roda, lingkaran kecil, dan lingkaran besar,

Andi Riskal Syaputra, mengaku senang ikut Pramuka. Murid kelas 5 itu dengan semangat meneriakkan yel-yel dan memainkan tongkat. Hal senada disampaikan Rafly, bahwa dia merasakan manfaat ikut Pramuka karena bisa berlatih disipilin. Red/RT

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!