Polres Prabumulih-Forkopimda Gelar Deklarasi Pilkada Damai 2024

Putraindonews.com, Prabumulih – Polres Kota Prabumulih bersama seluruh Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) serta elemen masyarakat menggelar Deklarasi Pilkada Damai 2024.

Deklarasi ini ditandai dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pilkada Damai oleh seluruh pimpinan Forkopimda Kota Prabumulih di Hall Fave Hotel, Selasa (30/7).

Deklarasi ini bertujuan untuk menjaga kerukunan, kesatuan, dan persatuan guna menciptakan Kota Prabumulih yang aman dan kondusif. Seluruh stakeholder, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, akademisi, ormas, tokoh pemuda, serta komponen masyarakat lainnya diajak untuk mewujudkan Pilkada 2024 yang sejuk, damai, dan menjunjung tinggi semangat kebersamaan.

Dalam deklarasi tersebut, diserukan kepada seluruh masyarakat Kota Prabumulih untuk tidak menyebarkan kebencian, isu SARA, intoleransi, maupun hoaks baik di ruang publik maupun media sosial. Hal ini untuk menghindarkan dari permusuhan dan perpecahan antar masyarakat.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk mendukung, merawat, dan memelihara rumah ibadah sebagai tempat peribadatan yang suci sesuai dengan keyakinan masing-masing, tanpa dicampuri kegiatan politik selama Pilkada 2024. Deklarasi ini juga menekankan pentingnya sinergitas antara pemerintah, TNI-Polri, Forkopimda, penyelenggara dan pengawas Pilkada, serta seluruh elemen masyarakat demi terciptanya keamanan yang kondusif di Kota Prabumulih.

BACA JUGA :   Pernyataan Sikap IMO-Indonesia Atas Teror Bom

Dalam sambutannya, Kapolres Prabumulih AKBP Endro Aribowo, S.I.K., mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada PJ Walikota Forkopimda serta ketua lintas agama, tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua BEM UNPRA, serta peserta rapat Deklarasi Damai yang hadir. Ia mengingatkan pentingnya komitmen dalam mengedepankan persatuan tanpa perpecahan selama pelaksanaan Pilkada.

“Deklarasi Pilkada damai yang kita laksanakan pagi ini adalah langkah awal dalam menyatukan persepsi tentang proses pelaksanaan Pilkada yang menjadi tanggung jawab kita bersama dalam mengawal dan mengamankan penyelenggaraan Pilkada di Kota Prabumulih yang aman dan kondusif,” ujar AKBP Endro Aribowo.

BACA JUGA :   Indonesia Bangun Sinergitas Dalam Tingkatkan Investasi Tekstil Indonesia di Amerika Serikat

Sementara itu, Pj Walikota Prabumulih H. Elman, S.T., M.M., menekankan bahwa menciptakan Pilkada damai di Kota Prabumulih bersama Forkopimda dan seluruh lapisan masyarakat adalah bagian dari proses demokrasi yang harus dijalankan. Ia menambahkan, pemerintahan Kota Prabumulih terus berupaya melayani masyarakat agar tercipta suasana damai pada Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024.

“Dalam kesempatan ini, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat agar dapat menggunakan media sosial secara bijak dan tidak mudah terpancing isu-isu SARA, ujaran kebencian, politik identitas, dan berita bohong,” tegas H. Elman.

Deklarasi ini merupakan bagian dari upaya Polri dalam menjaga Kamtibmas tetap kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Sebagai wujud komitmen bersama, pemerintah, Forkopimda, TNI-Polri, para tokoh, dan segenap elemen masyarakat Kota Prabumulih bersinergi untuk mendukung dan mewujudkan Pilkada serentak yang aman, damai, dan kondusif. Res/AS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!