SD Negeri Parinring Makassar Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Dalam Semangat Kebersamaan

Putraindonews.com, Sulsel – Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, tak hanya dimaksudkan guna memperkuat nasionalisme dan mengenang jasa para pahlawan. Namun juga untuk mempererat kebersamaan dan menguatkan kerjasama antara guru dengan orangtua, serta antar sesama orangtua siswa.

Demikian disampaikan Andi Etty Cahyani, S.Pd, Plh Kepala UPT SPF SD Negeri Parinring, saat pelaksanaan Lomba Kebersihan Kelas, di sekolahnya yang berada di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Jumat, 16 Agustus 2024. Sehingga, menurutnya, momen perayaan tujuh belasan ini, sangat penting bagi sekolah.

Dikatakan, Lomba Kebersihan Kelas ini memang punya banyak manfaat. Adanya lomba menggairahkan wali kelas dan orangtua siswa untuk menata kelas. Sehingga suasana ruang kelas setiap tahun terasa berbeda. Dekorasi, media pembelajaran, penataan, serta kelengkapan kelas akan diperiksa lagi agar bukan saja bersih tapi juga kreatif dan menarik.

BACA JUGA :   Ratusan Perawat Indonesia Lolos Tugas ke Singapura

Banyak material dekorasi yang dipajang dalam kelas merupakan bahan daur ulang, yang teebuat dari aneka limbah plastik, maupun kertas dan karton. Ini sesuai dengan program inovasi Eko-Skul, yakni akronim dari ekosisrem sekolah kelola daur ulang.

Pada kesempatan itu, Sri Hastuti, S.Pd, wali kelas 5B, bersama Kepala Sekolah Andi Etty Cahyani, dan Rusdin Tompo, berdiskusi ringan seputar pentingnya inovasi dilakukan guru. Tercetus program inovasi PILAJARA, akronim dari implementasI pembelajaran aktif kreatif menyenangkan. Namun, program yang menerjemahkan Kurikulum Merdeka ini terkait metode pembelajaran, masih akan dimatangkan lagi.

Dalam kegiatan Lomba Kebersihan Kelas ini, pihak SD Negeri Parinring melibatkan tim penilai eksternal. Ada dua juri yang diajak sebagai bentuk kolaborasi, masing-masing Hj Singara, yang merupakan pengawas SD di Kecamatan Manggala, dan Rusdin Tompo, penulis buku yang juga sebagai pegiat Sekolah Ramah Anak.

BACA JUGA :   IRONIS, Niat Membatu Malah Motornya Dibawa Kabur

Andi Etty Cahyani menambahkan, sekolahnya menyelenggarakan kegiatan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, yang tahun ini bertema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” itu sejak Rabu, 14 Agustus 2024.

Pada hari pertama itu, sebelum lomba-lomba diadakan, SD Negeri Parinring menggelar karnaval. Setelah itu lanjut dengan kegiatan lomba, seperti memasukkan pensil ke dalam botol, estafet sarung, dan lomba kelereng.

Pada hari kedua (15/8) diadakan bazar. Sedangkan pada hari ketiga (16/8), diadakan lomba joged balon. Kegembiraan dan kemeriahan terasa selama pelaksanaan kegiatan, termasuk ketika lomba keberhasilan kelas.

Sejumlah orangtua hadir untuk menyaksikan langsung saat tim juri berkunjung ke kelas anaknya. Suasana kian akrab dengan adanya makan bersama. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!