Sekda Riau Sapa Ribuan Warga Sontang, Begini Kata Kepala Desa

Putraindonews.com, Riau – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto melakukan kunjungan silaturahmi di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Senin (9/9/2024). Kunjungan Sekda Riau tersebut disambut Ketua DPD Apdesi Riau yang juga Kepala Desa Sontang Zulfahrianto.

Tampak pula hadir Camat Bonai Darussalam Elfitren, Kapolsek Bonai Darussalam Ipda Romi Yendri, Danramil Bonai Darussalam, serta kepala desa se-Kecamatan Bonai Darussalam, tokoh masyarakat, ninik mamak setempat serta ribuan warga.

Kepala Desa Sontang, Zulfahrianto menyampaikan terima kasih atas kehadiran Sekda Riau dalam memenuhi undangan silaturahmi masyarakat Sontang. “Terima kasih Pak Sekda sudah sampai ke desa kami. Beliau ini sudah saya anggap abang sendiri. Maka atas nama pemerintah dan masyarakat Sontang sekali saya mengucapkan terima kasih,” ungkap pria yang akrab disapa Anto Sontang.

Kesempatan tersebut pun tak disia-siakan oleh Ketua DPD Apdesi Riau itu. Ia pun menyampaikan lima usulan masyarakat Bonai Darussalam.

Dijelaskan dia, Kecamatan Bonai Darussalam memiliki 7 desa, salah satunya adalah Desa Sontang yang merupakan ibukota Kecamatan Bonai Darussalam. Kecamatan tersebut berbatasan langsung dengan empat kabupaten, yakni Rohil, Bengkalis, Siak, dan Kampar.

Usulan pertama, penuntaskan jalan Sontang – Duri, kedua penuntasan jalan Sontong – Simpang Kambing – Kandis, ketiga pembangunan turap surau yang lingsor. Lalu, pembangunan jalur dua di jalan ibukota kecamatan sepanjang 2 Km, perbaikan sekolah SMA 1 dan 2 Bonai Darussalam, serta SMAK 1 Bonai Darussalam, terakhir pembangunan sekolah SMA.

BACA JUGA :   Penyelesaian Pembangunan Transmisi Butuh Dukungan Semua Pihak

“Saya percaya, InsyaAllah usulan masyarakat Bonai Darussalam yang lima ini pasti akan dipenuhi oleh Pak Sekda. Karena saya melihat setiap kunjungan beliau ke daerah, pasti semua dipenuhi beliau,” ucapnya.

“Alhamdulillah, kehadiran Pak Sekda ke desa kita juga membawa berkah. Beliau membawa sembawa sembako untuk kita masyarakat Sontang sebanyak 2 000 paket. Jadi pejabat yang dilayani itu yang bisa mengenyangkan masyarakat kita. Ini kadang pejabat datang gratis dan tak bawa apa-apa,” tandasnya.

Menanggapi permintaan tersebut, Sekdaprov Riau SF Hariyanto langsung memenuhi permintaan masyarakat Bonai Darussalam yang menginginkan perbaikan infrastruktur jalan yang sering tergenang banjir.

“InsyaAllah untuk jalan tergenang banjir, itu nanti kita timbun lagi. Kemarin Pak Kades waktu tergenang banjir sudah melapor ke saya, dan sudah kita timbun. Namun, katanya masih kurang, nanti kita timbun lagi agar masyarakat Bonai Darussalam tidak terisolir,” sebutnya.

Kemudian, terkait perbaikan jalan Sontong – Simpang Kambing – Kandis, Sekda Riau juga akan berupaya mengkomunikasikan dengan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), sebab jalan tersebut berada di kawasan produksi PHR.

BACA JUGA :   BUKAN GARUDA, Tapi Citilink Bakal Masuk Holding BUMN Aviasi !

“Untuk jalan Sontong sampai Kandis itu saya bicarakan dengan PT PHR. Karena kalau itu diperbaiki Pemprov Riau harus dialihkan statusnya menjadi jalan provinsi. Kemudian, jalan Sontang – Duri, itu jalan dulu saya yang mulai saat menjabat Kadis PU. Sejak saya pindah ke Jakarta, jalan itu tidak ada lagi multiyears. Karena perbaikan jalan tersebut harus multiyears agar tuntas, InsyaAllah karena saya yang mulai dan saya juga yang menyelesaikan,” ujarnya.

Kemudian, terkait perbaikan sekoleh SMAN 1 dan SMAN 2 serta SMKN 1 Bonai Darussalam, SF Hariyanto berjanji akan mencoba memasukam di APBD murni 2025. “Untuk pembangunan sekolah baru, saya berharap juga seandainya ada lahan kosong yang mau dihibahkan untuk pembangunan sekolah silahkan Pak Kades. Nanti Pemprov Riau yang bangun, sebab masih banyak anak-anak kita tak tertampung,” sebutnya.

Termasuk usulan jalan dua jalur di ibukota kecamatan sepanjang 2 Km, Sekda Riau akan diupayakan di APBD murni 2025. Karena ruas tersebut tersambung dengan jalan provinsi. Red/JH

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!