Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Pj Gubernur Agus Fatoni Terus Dorong RSUD di Sumut Menuju BLUD

Putraindonews.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mendorong Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Sumut untuk mengembangkan pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan publik bagi masyarakat. Hal tersebut disampaikan dalam ‘Seminar Pengelolaan BLUD Rumah Sakit yang Sehat dan Akuntabel’ di Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro 30 Medan, Rabu (3/7/2024).

“Dibentuknya BLUD Rumah Sakit dan Puskesmas untuk memperbaiki pelayanan kesehatan namun di sisi lain agar memudahkan dalam tata kelola keuangan, ada sisi ruang gerak yang fleksibel dibandingkan aturan birokrasi secara umum,” kata Fatoni.

BACA JUGA :   KAI Daop 7 Madiun Ungkap Kejadian KA Gajayana relasi Gambir – Malang

Fatoni menilai kehadiran BLUD tidak hanya sekedar mencari keuntungan namun memiliki tujuan utama, yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan terobosan dan inovasi agar masyarakat semakin mudah mengakses pelayanan masyarakat.

“Peningkatan pelayanan kesehatan tidak hanya skil namun sejalan dengan peningkatan mental spritual dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ucap Fatoni.

Dalam kesempatan ini, Fatoni juga mengapresiasi seminar yang dilaksanakan oleh UPTD Khusus RSU Haji Medan Sumut. Kegiatan ini merupakan rangkaian HUT ke-32 Tahun RSU Haji Medan.

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Agus Fatoni juga menandatangani MoU jejaring layanan kesehatan dengan RSU Anak dan Bunda Harapan Kita, RSU Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo, RSJ Marzoeki Mahdi dan RSUP Adam Malik.

BACA JUGA :   CEGAH GANGGUAN KAMTIBMAS, Polres Serang Gelar Patroli Gabungan

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut Basarin Yunus Tanjung mengatakan seminar ini diharapkan meningkatkan pengetahuan dalam mengelola BLUD yang sehat dan akuntabel sesuai perundang-undangan, serta menjadi komitmen bersama dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Turut hadir Direktur Rumah Sakit Haji Medan Rehulina Ginting, Kakanwil DJPb Sumut Syaiful, Direktur RSUD Dr. Moewardi Cahyono Hadi, OPD lingkungan Pemprov Sumut, serta Kadis Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit Kabupaten/Kota se-Sumut.(Red/FT)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!