Wali Kota Blitar Harap Idul Adha 1445 H Jadi Momentum Perkuat Persaudaraan dan Solidaritas Manusia

Putraindonews.com, Blitar – Wali Kota Blitar Santoso berharap Hari Raya Idul Adha 1445 H ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat tali persaudaraan dan solidaritas sesama manusia. Santoso ingin Idul Adha ini dapat berjalan istiqomah di masa mendatang.

Harapan itu disampaikan Santoso dalam sambutannya saat mengikuti Salat Idul Adha 1445 H di Masjid Agung Kota Blitar, Senin (17/6/24). Santoso juga mengingatkan tentang pentingnya kepedulian terhadap umat yang telah dibangun.

“Melalui momentum ini mari kita memperkuat tali persaudaraan dan solidaritas sosial, kepedulian umat yang telah dibangun dan terlatih sehingga Idul Adha ini dapat berjalan istiqomah di waktu-waktu yang akan datang,” kata Wali Kota Blitar Santoso.

Dalam sambutannya tersebut, Santoso mengatakan, ada 2 peristiwa penting yang terjadi pada Hari Raya Idul Adha ini. Pertama adalah ibadah kurban dan yang kedua yaitu ibadah haji.

BACA JUGA :   Aksi OPM di Papua Mendapat Kutukan Keras Ketua Umum Pemuda Panca Marga Berto Izaak Doko

Santoso ingin, peristiwa ibadah kurban yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS menjadi suri tauladan bagi umat muslim. Apalagi kisah dan peristiwa tersebut masih sangat relevan di masa saat ini.

“Peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS ribuan tahun yang lalu dan kisahnya diabadikan dalam al-quran masih senantiasa relevan untun kita ambil hikmahnya dalam mengarungi dinamika kehidupan,” ungkapnya.

Dia juga mengungkap pelajaran yang terkandung dalam Hari Raya Idul Adha ini. Pelajaran tersebut adalah tentang untuk mentaati perintah Allah SWT di atas segala kepentingan yang lain.

BACA JUGA :   Samarinda Dikepung Banjir, Dinsos Kaltim Bergerak Cepat Salurkan Bantuan

“Ibadah kurban mengajarkan kita tentang pentingnya meletakan ketaatan perintah Allah SWT di atas kepentingan yang lain,” imbuhnya.

Melalui Hari Raya Idul Adha ini juga Santoso mengingatkan kepada seluruh umat muslim di Kota Blitar untuk saling berbagi rejeki. Khususnya kepada saudara-saudara yang belum mampu atau kurang beruntung.

“Melalui ibadah kurban kita juga diajarkan untuk berbagi dan peduli terhadap sesama. Kita diingatkan untuk berbagi rejeki dengan sesama kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung,” katanya lagi. redaksi ray/rif

Keterangan foto: Wali Kota Blitar Santoso saat memberikan sambutan dalam Salat Idul Adha 1445 H di Masjid Agung Kota Blitar. Red/Rif

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!