Wapres Ma’ruf Amin Tinjau Langsung Percepatan Pembangunan di Wilayah Papua Selama Lima Hari

Putraindonews.com – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin akan meninjau langsung percepatan pembangunan di sejumlah wilayah Papua selama lima hari pada 3 hingga 7 Juni 2024 mendatang. Untuk itu, Wapres dan Istri Wury Estu Handayani beserta rombongan lepas landas dengan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU. Melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (3/6/2024) sekitar pukul 09.00 WIB.
​
Kunjungan ini, kata Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi dalam keterangan tertulis, Senin (3/6/2024) adalah yang keenam kalinya selama Ma’ruf menjabat sebagai Wapres.

Sejumlah percepatan pembangunan, lanjut Masduki, akan ditinjau langsung di antaranya dengan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP), sekaligus meninjau Sistem Informasi Percepatan Pembangunan Papua (SIPPP) terlaksana dengan baik sehingga berdampak langsung terhadap Orang Asli Papua (OAP).

BACA JUGA :   DANRAMIL 02/MANGGAR TANAM POHON BEKAS TAMBANG TIMAH

“Wapres Ma’ruf Amin berkomitmen tinggi untuk terus mendukung dan mempercepat pembangunan di tanah Papua. Ini demi pemerataan pembangunan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” sebutnya.

Terdapat sejumlah agenda Wapres pada lawatannya selama lima hari di tiga kota di Papua. Berikut agendanya:

1. Pada Selasa, 4 Juni 2024, Wapres akan ke Merauke untuk bertemu dengan para bupati, tokoh adat. Termasuk bertemu pegiat HAM/perdamaian di Provinsi Papua Selatan. Di hari yang sama, Wapres juga akan melakukan pencanangan proyek-proyek strategis di Provinsi Papua Selatan.
Selain itu, Wapres juga menandatangani Prasasti Peresmian Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Yetetkun di Boven Digoel. Terakhir, meresmikan Pembukaan Pelatihan Pendamping Desa Provinsi Papua Selatan.

BACA JUGA :   Anggota Legislatif Luluk Nur Hamidah Mundur Diri

2. Rabu, 5 Juni 2024, Wapres akan terbang ke Wamena, Provinsi Papua Pegunungan. Ma’ruf dijadwalkan akan melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung VIP Bandara Wamena.

3. Pada Kamis 6 Juni 2024, dari Wamena, Wapres akan beranjak ke Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. Terdapat beberapa agenda yang dilakukan di Sorong.
Di antaranya, Wapres akan menyaksikan Pengukuhan KDEKS Provinsi Papua Barat Daya. Kemudian, Wapres juga akan melakukan Peninjauan Pemukiman Nelayan Malawei.

4. Di hari terakhir kunjungannya pada Jumat, 7 Juni 2024, Wapres akan meluncurkan Sistem Informasi Percepatan Pembangunan Papua. Kemudian, Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) , dan Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Papua (RAPPP). Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!