Atasi Tantangan Sektor UMKM untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Putraindonews.com-Tantangan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus segera diatasi dalam upaya ikut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Sejumlah tantangan dalam pengembangan sektor UMKM harus mendapat perhatian serius dan segera diatasi,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/10).

Catatan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) saat ini sektor UMKM menghadapi berbagai tantangan untuk berkembang akibat minimnya akses terhadap teknologi, minimnya literasi digital, hingga profit yang tidak berkelanjutan.

BACA JUGA :   Gerakan Hidup Sehat Harus segera Dilaksanakan secara Masif

Target perekonomian nasional pada tahun 2045 antara lain adalah pendapatan per kapita hingga US$30.000. Sementara saat ini pendapatan per kapita Indonesia baru berkisar US$5.000.

Menurut Lestari, sektor UMKM bisa menjadi salah satu sektor yang diandalkan untuk mengejar peningkatan pendapatan nasional tersebut.

Rerie, sapaan akrab Lestari berpendapat pengembangan ekosistem wirausaha bagi masyarakat merupakan langkah strategis yang harus dilakukan.

BACA JUGA :   Halal Bihalal Pemuda Pancasila, Bamsoet Apresiasi 48 Kader Terpilih Sebagai Anggota DPR RI dan 14 Anggota DPD RI 2024-2029

Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu berharap pemerintah di tingkat pusat dan daerah konsisten mendorong sejumlah upaya untuk mengatasi berbagai tantangan di sektor UMKM nasional.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menilai dengan semakin berkembangnya ekosistem usaha dan dukungan pemerintah untuk mengatasi sejumlah kendala yang ada, sektor UMKM mampu mendukung laju pertumbuhan perekonomian nasional.Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!