Konsep Wisata Regeneratif Harus Dikembangkan demi Pariwisata yang Berkelanjutan

Putraindonews.com-Dorong pengembangan wisata berkonsep regeneratif dalam upaya meningkatkan kinerja pariwisata nasional yang lebih baik dan berlelanjutan.

“Pengelolaan kawasan pariwisata yang berkelanjutan harus menjadi kepedulian bersama agar potensi wisata yang tersebar di seluruh Indonesia dapat dinikmati oleh generasi mendatang,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/7).

Pada satu kesempatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengungkapkan dalam upaya menuju peringkat 20 besar dunia, pariwisata Indonesia harus menjalankan konsep wisata regeneratif, yang memiliki fokus pada pemulihan dan regenerasi lingkungan serta masyarakat lokal.

Tujuan utamanya adalah menjadikan sebuah destinasi wisata yang lebih baik daripada kondisi awalnya.

BACA JUGA :   Fadel Muhammad: Kita Gelorakan Semangat Pancasila Dari Daerah Riau

Dalam konsep pariwisata yang regeneratif dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan nyata yang melibatkan partisipasi wisatawan, seperti menanam mangrove, restorasi terumbu karang hingga mengurangi sampah plastik.

Apalagi, ungkap Lestari, berdasarkan Sustainable Travel International, sektor pariwisata dan hospitality menghasilkan rata-rata 35 juta ton sampah per tahun, karena biasanya para wisatawan menghasilkan sampah sampai dua kali lipat jika dibandingkan penduduk lokal.

Menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, pengembangan konsep wisata regeneratif harus segera diterapkan untuk mencegah munculnya timbunan sampah di kawasan wisata di tanah air.

Diakui Rerie, Indonesia memiliki banyak potensi kawasan wisata yang digemari wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

BACA JUGA :   Bertemu Ketua Umum PP Muhammadiyah,Bamsoet Harap Silaturahmi Kebangsaan Bisa Menjadi Tradisi Politik

Namun, tegas Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, upaya untuk menjaga kawasan wisata tetap memiliki daya tarik dan terawat dengan baik juga harus dilakukan.

Menurut Rerie, menjaga kawasan wisata tetap bersih dan indah dengan melibatkan masyarakat sekitar dan wisatawan, merupakan langkah strategis dalam mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu sangat berharap, para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah mampu menggalang kolaborasi yang kuat dalam merealisasikan pengembangan sektor pariwisata nasional yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, sehingga dampak positif pengembangan wisata dapat dinikmati secara merata di tanah air.Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!