IMO-Indonesia Soroti Dinamika Kontestasi Pilkada Banten

Putraindonews.com, Surabaya – Ikatan Media Online (IMO) Indonesia menyoroti dinamika politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Banten.

Ketua Umum IMO-Indonesia Yakub F. Ismail menilai sejauh ini persaingan figur potensial di tanah Jawara itu masih berlangsung dinamis, terlebih setelah Airin Rachmi Diany dipastikan siap maju bersama Ade Sumardi.

“Memang Banten ini termasuk salah satu daerah yang dinamika politiknya paling seru jelang Pilkada serentak 2024. Pasalnya, persaingan figur untuk memenangkan elektoral 2024 begitu dinamis dan cair,” kata Yakub di Surabaya, Rabu (28/8).

Yakub menyebut sebelum Airin dipastikan maju sebagai kontestan bersama PDI Perjuangan dan Golkar, pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah digadang-gadang jadi paslon potensial untuk calon gubernur dan wakil gubernur Banten ke depan.

BACA JUGA :   Siap Bergerak, Generasi Muda Visioner Deklarasikan "Fans Kharisora"

“Ini diarenakan keduanya mendapat dukungan penuh dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yang di dalamnya terdapat Gerindra, Golkar dan para pratai koalisinya. Namun, setelah Golkar mencabut dukungan dan mengalihkan ke Airin, semua peta kekuatan itu berubah menjadi lebih dinamis,” ujarnya.

Yakub pun mengaku tidak menyangka kalau dinamika politik di Banten berjalan begitu cair, dinamis dan cepat. Sebab, perubahan rekomendasi partai berlangsung bagai kilat.

“Semua pasti terkejut jika benar-benar mengikuti perkembangan politik di Banten. Ini karena semua berlangsunng cepat dan sukar ditebak,” tuturnya.

BACA JUGA :   Gagal Ikut Pilkada 2024, Anies Baswedan Akan Bentuk Partai Politik

Meski begitu, terkait siapa yang akan memenangkan kontestasi, menurutnya, masih terlalu dini untuk disimpulkan.

“Terus terang masing-masing (pasangan kandidat) punya peluang yang sama. Tinggal sejauh mana akselerasi kerja tim (pemenangan) di lapangan. Semakin baik kinerja timses akan semakin menentukan hasil akhir,” terangnya.

Ia pun berharap, tingginya tensi politik di Banten tidak mengurangi kondusivitas Pilkada yang akan dihelat nanti.

“Beharap semua berjalan damai dan lancar sehingga siapapun yang menang dapat menjalankan amanah rakyat dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!