Kata Dasco, Prabowo akan Lakukan Uji Kelayakan Terhadap Calon Menterinya

Putraindonews.com – Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan presiden terpilih Prabowo Subianto akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap semua calon menteri. Bahkan, Prabowo akan turun tangan langsung mewawancarai para kandidat pembantunya untuk pemerintahan lima tahun mendatang.

“Nanti akan ada semacam fit and proper test. Walaupun sudah dilakukan oleh tim, tetapi akan langsung oleh Pak Prabowo untuk dilakukan sesi tatap muka untuk kemudian dalam tahap finalisasi,” kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (11/10/2024).

Dasco mengatakan fit and proper test tersebut merupakan bagian profiling calon sehingga menteri yang terpilih merupakan figur yang kompeten, berkualitas, dan sesuai dengan bidangnya.

BACA JUGA :   Prabowo - Gibran Segera Dilantik Pasca Putusan MK, IMO-Indonesia: Selamat Memimpin NKRI

“Tentunya diminta biodata, kemudian profiling, lalu kemudian finalisasi,” ucapnya.

Komposisi Kabinet

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani membeberkan komposisi kabinet presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Kata Muzani, ada beberapa menteri era Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali masuk kabinet Prabowo-Gibran, termasuk menteri kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Setahu saya ada (menteri dari pemerintahan Jokowi). Insyaallah ada (dari PDIP),” kata Muzani yang nggan menjelaskan secara detail menteri kabinet Prabowo-Gibran tersebut.

Hanya saja, lanjut Muzani yang kini menjabat Ketua MPR RI periode 2024-2029 itu, menteri era Jokowi yang bagus, akan diajak lagi masuk kabinet Prabowo-Gibran.

BACA JUGA :   Panwascam Loli Lakukan Pengawasan Kampanye Tatap Muka

“Kan Pak Prabowo sudah ngomong nama-nama dari kabinet Pak Jokowi yang bagus-bagus akan dipakai untuk membantu beliau. Jadi ya nama yang dianggap bagus dan masih cukup fit dipakai,” sebutnya.

Lebih lanjut, Muzani mengatakan jumlah pasti kementerian masih dalam proses finalisasi, termasuk orang dan nomenklaturnya. Dan bahkan, sudah mulai ada yang dipanggil.

“Kemungkinan menteri-menteri itu akan diumumkan Prabowo sehari setelah pelantikan atau pada 21 Oktober 2024. Jadi kita tunggu saja,” pungkasnya. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!