Komisi Pemilihan Umum Perkenalkan Si Gembira Sebagai Maskot Pilkada Kota Blitar 2024

Putraindonews.com, Blitar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar telah merilis jingle dan maskot untuk menyambut Pemilihan Wali Kota dan Wali Kota Blitar pada November 2024 mendatang. Maskot tersebut diberi nama Si Gembira.

Nama Si Gembira memiliki arti Gayeng Memilih Bersama Aspirasi Rakyat. Maskot ini juga terinspirasi dari pendopo makam Bung Karno yang terlihat dari ikat kepala yang dikenakan oleh Si Gembira.

Ketua KPU Kota Blitar, Rangga Bisma Aditya, mengaku maskot tersebut memang terinspirasi dari sosok Bung Karno. Dia mengatakan, pemilihan maskot tersebut diharapkan dapat semakin menambahkan jiwa nasionalisme dan patriotisme seperti Presiden pertama Republik Indonesia itu.

BACA JUGA :   AHY Sebut Dapat Perintah Prabowo Siapkan Kader Terbaik untuk Kabinet Baru

Maskot Si Gembira dan jingle Pilkada 2024 ini diluncurkan KPU Kota Blitar di Monumen PETA pada Rabu (5/6/24) malam. Acara ini pun sekaligus menjadi bagian dari syukuran menjelang Pilkada Kota Blitar yang akan dihelat pada 17 November 2024 mendatang.

“Kegiatan ini bagian dari tasyakuran, kami ucapkan rasa syukur bahwa tahapan Pilkada kurang dari 5 bulan lagi. Pilkada Gembira ini siap untuk memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang baru,” ujar Rangga Bisma Aditya.

Rangga mengungkap, KPU Kota Blitar sendiri sengaja mengambil inspirasi dari sosok Bung Karno dalam maskot ini untuk memberikan nilai-nilai Pancasila. Pasalnya, selain sebagai Kota Patria, Kota Blitar terkenal juga sebagai Bumi Bung Karno.

BACA JUGA :   KPUD Sumba Tengah Gelar FGD Jelang Pemilu Serentak Tahun 2024

“Ini adalah upaya ikut menjaga nilai kebudayaan asli Bumi Karno,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga Rangga mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Blitar untuk sama-sama menyukseskan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar nanti. Dia ingin, masyarakat dan pemilih dapat menjunjung tinggi semangat kebangsaan.

“Jadi, kaitan siapa pun hasil Pemilu besok itu diharapkan bisa menjaga spirit, semangat nasionalisme,” pungkasnya. Redakaksi Rey/Rif

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!