Menuju Pemilu 2024, Bawaslu Sumba Barat Gelar Kegiatan Pengawasan Partisipatif

Putraindonews.com, NTT – Bawaslu Sumba Barat ajak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumba Barat mengadakan kegiatan Pengawasan Partisipatif sebagai bagian dari upaya memastikan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat yang akan berlangsung pada tahun 2024 berlangsung secara adil dan transparan.

Acara yang digelar pada, Kamis, 12 September 2024 ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk perwakilan dari lembaga swadaya masyarakat, akademisi, dan anggota komunitas lokal.

BACA JUGA :   Airlangga Mundur Sebagai Ketum Golkar, Peneliti SMRC: Apakah Terjadi Kudeta?

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai pentingnya pengawasan pemilu dan untuk mendorong partisipasi aktif dalam proses pengawasan.

Plh Ketua Bawaslu Sumba Barat, Yusti Rambu Karadji, dalam sambutannya menyatakan, pengawasan partisipatif ini adalah langkah strategis untuk memastikan bahwa setiap tahap pemilihan berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi dan integritas.

“Kami mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam memantau dan melaporkan setiap potensi pelanggaran,” ujar Kordiv P3S Bawaslu Sumba Barat itu.

BACA JUGA :   Setelah PPP dan NaDem, Kini Perindo Resmi Dukung Pemerintahan Prabowo - Gibran

Hingga berita ini ditayangkan, peserta akan diberikan sejumlah materi mengenai mekanisme pengawasan, serta cara melaporkan temuan terkait pelanggaran pemilu.

Bawaslu juga menyediakan saluran komunikasi yang mudah diakses bagi masyarakat untuk menyampaikan informasi atau keluhan terkait pelaksanaan pemilihan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat keterlibatan masyarakat dalam menjaga kualitas demokrasi dan memastikan bahwa pemilihan yang akan datang dapat dilaksanakan dengan baik dan tanpa adanya kecurangan. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!