Partai Gelora akan Berikan Skema Tepat untuk Program Tapera

Putraindonews.com – Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia akan memberikan masukan dan pertimbangan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto mengenai polemik Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang ditolak pengusaha dan buruh. Partai Gelora juga akan menyampaikan pemikiran terkait skema Tapera yang bisa diterima semua pihak berdasarkan literasi di beberapa negara.

Demikian Ketua Bidang Hubungan Kerjasama Antar Lembaga (Jasama) DPN Partai Gelora, Ratu Ratna Damayani, dalam Gelora Talks bertema ‘Tapera: Gaji Sudah Tipis Hidup Makin Miris, Kemana Mengadu?’, yang ditayangkan secara langsung di kanal YouTube Gelora TV, dikutip Kamis (13/6/2024).

Ditegaskan Damayanti, menyediakan perumahan bagi rakyat memang kewajiban dan menjadi tugas pemerintah. Tetapi skemanya ini yang memang harus dipikirkan.

BACA JUGA :   Pilih Jalur PDI P Sutrisno St. Kembalikan Formulir ke DPC PDI Perjuangan Akan Maksimalkan Potensi Alam

“Yang ditolak ini sebenarnya soal skemanya, bukan Tapera-nya,” kata Mia, sapaan akrab Ratu Ratna Damayani ini.

Berdasarkan literasi di beberapa negara, menurut dia, memang ada pelibatan dari partisipasi masyarakat dalam penyediaan perumahan oleh negara bagi warganya. Namun, hal itu dapat diterima karena pemerintahannya bisa menkomunikasikan secara intensif mengenai tujuan penyediaan perumahan tersebut bagi warganya, dengan sangat baik.

“Sehingga pemerintah perlu memberikan penjelasan kepada publik secara komprehensif dan intensif. Libatkan DPR dan stakeholder lainnya untuk membahas soal Tapera ini,” katanya.

Namun bagi buruh, lanjut Mia, pungutan Tapera ini semakin membebani kemampuan ekonomi mereka, dan berdampak terhadap daya beli masyarakat pada umumnya. Hal ini menjadi catatan Partai Gelora, bahwa komunikasi yang dilakukan pemerintah dirasa tidak intensif, kurang menyeluruh, sehingga menjadi polemik dan kontraksi luar biasa di masyarakat.

BACA JUGA :   Garda Bangsa Siap Perang demi PKB

“Nah, polemik soal Tapera ini, menjadi pembahasan khusus di internal kami. Rekomendasi dari pembahasan ini nantinya akan disampaikan kepada presiden terpilih Prabowo Subianto. Ini tentu saja menjadi PR atau pekerjaan rumah besar kita bersama,” ujarnya lagi.

Lanjut Mia, pihaknya akan menyusun pemikiran-pemikiran dari Partai Gelora. Dirinya banyak membaca literasi di banyak negara, dan ini akan memberikan masukan, juga pertimbangan kepada Pak Prabowo untuk satu skema yang tepat, untuk menjawab kebutuhan penyediaan perumahan rakyat. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!