Pilkada Sumba Barat 2024 Diambang Pintu, KPU Gelar Raker Pencalonan

Putraindonews.com, NTT – KPU Sumba Barat laksanakan Rapat Kerja Pencalonan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tingkat Kabupaten Sumba Barat Tahun 2024 di Aula Kantor KPU Sumba Barat Pada Kamis (8/8/24).

Kegiatan dibuka resmi oleh Teguh Rahardjo selaku Ketua KPU Sumba Barat dan didampingi Ridwan M Kamodo (Komisioner KPU Sumba Barat Divisi Teknis Penyelenggaraan), Oktavianus Malo (Komisioner KPU Sumba Barat Divisi Hukum dan Pengawasan), Agusalim Ahmad (Komisioner KPU Sumba Barat Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Pura Pajangu, SH (Sekretaris KPU Sumba Barat)

Mengawali sambutannya, Ketua Teguh Rahardjo menuturkan bahwa kegiatan ini Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024 Tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara umum mengatur tentang tahapan pencalonan persyaratan pencalonan dan persyaratan calon serta dokumen-dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon, pendaftaran pasangan calon, penelitian administrasi calon dan penetapan pasangan calon serta ketentuan-ketentuan lainnya.

Kepada seluruh peserta Raker, Ketua Teguh Rahardjo membeberkan terkait Tahapan pencalonan yang sudah dimulai sejak bulan Mei yang lalu khusus untuk calon perseorangan.

BACA JUGA :   Tensi Politik Tinggi ; Bamsoet & Airlangga Sepakat Colling Down

Sedangkan tahapan pendaftaran baik pasangan calon perseorangan maupun pasangan calon dari partai politik atau gabungan partai politik akan diumumkan pada tanggal 24-26 Agustus 2024 dan jadwal Pendaftarannya pada tanggal 27-29 Agustus 2024 dan akan terus berproses sampai dengan penetapan pasangan calon bagi pasangan calon yang memenuhi syarat pada Tanggal 22 September 2024 dan pada tanggal 23 September 2024 pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon.

“Tahapan pencalonan merupakan Tahapan penting dan krusial untuk dapat kita ikuti bersama dan harapan kami semua proses dapat berjalan dengan baik, tentunya membutuhkan kerjasama dan dukungan dari seluruh pihak,” ungkapnya.

“Hari ini kami mengundang stakeholder/instansi/pihak yg akan terlibat langsung untuk hadir dalam kegiatan hari ini dengan harapan dapat membantu KPU kabupaten Sumba Barat dan juga peserta pemilihan dalam hal ini para calon Bupati dan Wakil Bupati dalam kepengurusan kelengkapan dokumen syarat pencalonan dan syarat calon mengingat waktu pendaftaran yang sudah sangat dekat,” tambah Ketua KPU Sumba Barat.

BACA JUGA :   Partai Prima Resmi Penuhi Syarat Verifikasi Administrasi KPU

Sebagai penyelenggara pemilihan ini, KPU Sumba Barat sangat terbuka dan sangat membutuhkan dukungan masukkan saran dan juga kritikan yang membangun tentunya untuk terlaksananya seluruh tahapan pilkada ini dapat berjalan dengan baik dan tentunya terhindar dari persoalan dan permasalahan hukum.

Usai membuka secara resmi, kegiatan Raker dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Kadiv Teknis Penyelenggaraan Ridwan M Kamodo.

Dalam pemaparannya, Ridwan menyampaikan seluruh tahapan proses pencalonan yang melibatkan berbagai pihak.

“Untuk seluruh Tahapan kami berharap agar Semua pihak bisa bekerja sama dalam menyelesaikan persyaratan administrasi bagi para calon, dan untuk Tim Penghubung Pasangan Calon agar sering berkomunikasi dengan KPU Sumba Barat dalam menjalankan proses tahapan pencalonan,” harap Ridwan.

Turut hadir; Kepala KP2KP Waikabubak, Kasat Intel Polres Sumba Barat, Sekretaris Bawaslu Sumba Barat, Plh. Kalapas, Danramil 1613 Sumba Barat, Perwakilan partai politik Se-kabupaten Sumba Barat dan Insan pers. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!