PSI Sebut Tetap dalam Barisan KIM untuk Pilkada Jakarta dan Jateng

Putraindonews.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni mengatakan dukungan partai-nya terhadap bakal calon gubernur-bakal calon wakil gubernur di Jakarta dan Jawa Tengah mengikuti sikap kolektif Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Dia melanjutkan PSI juga menunggu keputusan kolektif KIM untuk pencalonan Kaesang baik di Jakarta maupun Jawa Tengah.

“Pada dasarnya, PSI akan ikut arahan hasil komunikasi dengan KIM. Teman-teman KIM jadi sampai hari ini bagaimana pun karena kami koalisi di pilpres kemarin bareng-bareng dengan kawan-kawan KIM, maka keputusannya kami PSI akan sangat bergantung pada kesepakatan teman-teman di KIM,” kata Raja Juli di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (25/7).

BACA JUGA :   PKB Beberkan Potensi Kotak Kosong di Pilkada Jakarta

Oleh karena itu, Raja Juli menyebut saat ini PSI masih menunggu hasil komunikasi tersebut dan dinamika politik yang berkembang.

PSI bersama partai-partai seperti Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, Partai Garuda, PRIMA, Partai Gelora, dan satu partai lokal Partai Aceh tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendukung Presiden Terpilih-Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Namun, sikap KIM di Pilkada khususnya di beberapa daerah tidak selamanya sama, misalnya, untuk kontestasi Pilkada di Provinsi Banten dan Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA :   RIBUAN ELEMEN MASYARAKAT, Kawal Pasangan Tony - Antoni Daftar Ke KPU Lampung Selatan

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat acara partai di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (19/7) pekan lalu, menyebut perbedaan sikap itu sebagai wujud kedewasaan politik. Dia menjelaskan konstelasi persaingan di pilkada tak sama dengan pilpres, bahkan di beberapa daerah itu terbentuk sebelum pilpres.

Walaupun demikian, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani awal minggu ini menyampaikan optimisme-nya KIM bakal solid di Jawa Tengah dan Jakarta. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!