Rapat Paripurna Perdana MPR RI, Sahkan Ahmad Muzani Ketua Periode 2024-2029

Putraindonews.com – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Kamis (3/10/2024) menggelar Rapat Paripurna Perdananya, dengan agenda Penetapan Guntur Sasono selaku pimpinan dari usia tertua, MPR RI periode 2024-2029. Rapat dipimpin oleh pimpinan sementara dari perwakilan anggota Dewan dengan usia termuda dan tertua.

Dalam rapat yang diikuti 545 Anggota MPR RI dari unsur DPR RI dan DPD RI, Guntur Sasono selaku pimpinan dari usia tertua menyampaikan bahwa berdasarkan laporan kehadiran Rapat Paripurna agenda penetapan pimpinan MPR RI, dihadiri oleh 545 dari 732 anggota MPR RI.

“Berdasarkan ketentuan Pasal 73 ayat 5 Tatib MPR RI sidang telah memenuhi syarat untuk dibuka,” kata Guntur.

BACA JUGA :   Timnas AMIN Bantah Mainkan Isu IKN

Dijelaskan bahwa berdasarkan Rapat Gabungan (Ratgab) antara pimpinan sementara, pimpinan fraksi, dan pimpinan Kelompok DPD RI telah disampaikan nama-nama calon Pimpinan MPR RI periode 2024-2029.

“Sesuai dengan hasil rapat gabungan, perwakilan dari kelompok DPD RI akan menyampaikan usulan nama calon pimpinan MPR RI dari kelompok DPD RI,” kata dia.

Perwakilan kelompok DPD RI, lanjut Guntur, juga menyampaikan bahwa pihaknya telah memberikan dukungan untuk menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029 kepada Ahmad Muzani, dan nama Pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI yakni Abcandra Akbar Supratman.

BACA JUGA :   Dasco: Diupayakan Pertemuan Prabowo dan Megawati, Usai Putusan MK

Dengan demikian, Guntur menyampaikan nama-nama calon Pimpinan MPR RI Periode 2024-2029, yakni dari Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto, Fraksi Golkar Kahar Muzakir, Fraksi Gerindra Ahmad Muzani, Fraksi Nasdem Lestari Moerdijat, Fraksi PKB Rusdi Kirana, Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid, Fraksi PAN Eddy Dwiyanto Soeparno, Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, dan dari Kelompok DPD RI Abcandra Akbar Supratman.

“Apakah hasil rapat gabungan terkait pimpinan MPR dan keputusan penetapan Ahmad Muzani sebagai ketua MPR RI periode 2024-2029 dapat disetujui?” tanya Guntur. “Setuju,” seru anggota rapat. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!