Serunya Pilkada di Jatim, Tiga Srikandi Berebut Kursi Gubernur

Putraindonews.com, Surabaya – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024 berlangsung cukup seru.

Pasalnya, agenda elektoral kali ini resmi diikuti tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang semuanya adalah para srikandi.

Tim verifikator KPU Jatim menyatakan berkas ketiga pasang calon lengkap dan diterima.

“Dokumen ketiga pasangan calon pendaftar lengkap,” ucap Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi, Kamis (29/8).

Berdasarkan urutan waktu daftar, pasangan calon pertama adalah petahana Khofifah Indar Parawansa – Emil Elistianto Dardak.

BACA JUGA :   Partai Gelora akan Bangun Kesadaran Literasi Digital dan Keuangan

Khofifah – Emil diusung 15 partai politik. Sebagian adalah partai non-parlemen. Sebanyak 15 partai politik itu adalah PSI, Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan PKS.

Lalu, ditambah dengan PBB, Partai Garuda, Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan terakhir Partai Prima.

Pendaftar kedua adalah pasangan Tri Rismaharini – Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans). Pasangan ini diusung PDI-Perjuangan dan Partai Hanura.

BACA JUGA :   Songsong Pemilu 2024, Indonesia Terus Dilanda Krisis Keadaban

Risma saat ini juga menjabat sebagai Menteri Sosial. Politisi PDI-Perjuangan ini sebelumnya menjabat wali kota Surabaya 2 periode.

Pendaftar terakhir ialah pasangan yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Mereka adalah Luluk Nur Hamidah – Lukmanul Khakim.

Luluk tercatat pernah menjabat anggota Komisi VI DPR RI periode 2019-2024 dari daerah pemilihan Jawa Tengah IV yang meliputi Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Wonogiri. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!