Sherly Tjoanda Resmi Maju Cagub Malut Gantikan Benny Laos

Putraindonews.com, Ternate – KPU Maluku Utara (Malut) resmi menerima dokumen pasangan calon Gubernur Maluku Utara Sherly Tjoanda-Sarbin Sehe yang merupakan pengganti calon Gubenur Benny Laos yang meninggal dunia beberapa hari lalu.

“Delapan pengurus partai politik pengusung pasangan Sherly Tjoanda-Sarbin Sehe telah memasukkan dokumen,” kata Ketua KPU Malut Muchtar Alting di Ternate, dikutip dari Anrara, Jumat (18/10).

Ia mengatakan, untuk dokumen paslon Sherly-Sarbin mulai dari SKCK diterbitkan Polri, bebas narkoba dari BNN hingga rekomendasi berupaya persetujuan model B1.KWK telah dimasukkan oleh pengurus parpol pengusung.

Dia mengatakan, KPU Malut tidak mempermasalahkan sejumlah dokumen seperti surat SKCK dikeluarkan Mabes Polri atau Polda Malut hingga surat bebas narkoba, karena semuanya telah terintegrasi.

BACA JUGA :   Timnas AMIN Melihat ada Nuansa Incumbentnya di Pilpres 2024

Di samping itu, KPU memaklumi ketidakhadiran Sherly Tjoanda yang saat ini tengah menjalani perawatan Kesehatan di Jakarta.

Muchtar menyatakan, berdasarkan ketentuan, pengganti calon gubernur yang akan mendaftarkan ke KPU tetapi belum hadir, bisa menyampaikan surat keterangan sakit saat dokumen di bawa ke KPU.

Kemudian, KPU akan menghubungi calon gubernur Sherly yang saat ini menjalani perawatan di Jakarta melalui video daring.

Dirinya menambahkan, seluruh dokumen kelengkapan administrasi yang di bawa pengurus parpol pengusung pasangan Sherly-Sarbin akan dilakukan tahapan penelitian administrasi, tes kesehatan dan berbagai syarat lainnya.

Delapan partai pengusung Sherly-Sarbin yaitu Partai Nasdem, PPP, Demokrat, PKB, PAN, Gelora, Buruh dan PSI.

BACA JUGA :   PKB Serahkan Surat Rekomendasi ke Sejumlah Cakada 2024

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Paslon Sherly-Sarbin, Rahmi Husen mengatakan, seluruh dokumen menjadi persyaratan telah dimasukkan ke KPU dan menunggu pemeriksaan dari KPU untuk kelengkapannya.

Setelah itu, akan dilakukan tes kesehatan pada 18 – 20 Oktober 2024.

“Kami yakin pasangan Sherly-Sarbin bisa menang, karena berdasarkan hasil survei Pusdihlat terakhir pasangan ini meraup suara 40,8 persen,” ujarnya.

Dirinya meyakini pasangan ini akan menang di pilkada Malut, meskipun Sherly merupakan seorang perempuan namun memiliki kapasitas dan kualitas, karena memiliki pengalaman dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.

Shely Tjoanda merupakan istri dari almarhum Benny Laos yang meninggal dunia pada kebakaran kapal cepat di Taliabu, Maluku Utara. Red/Fah

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!