IMO-Indonesia Mendorong Pemred Media Anggota Mengikuti UKW Utama

 

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Pemimpin Redaksi hebatriau.com telah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) di Lantai 3 Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih No. 34 – Jakarta Pusat pada tanggal 20-22 Agustus 2019 kemarin.

Upaya itu dilakukan dalam rangka memenuhi ketentuan yang ditetapkan dalam peraturan Dewan Pers Nomor 01/Peraturan-DP/X/2018 tentang Standar Kompentensi Wartawan.

Pemimpin Redaksi hebatriau.com, Johan Elvianus Hondro mengungkapkan UKW saat ini dibagi dalam 3 jenjang yaitu Wartawan Muda, Wartawan Madya, dan Wartawan Utama. Istilah jenjang kompetensi kewartawanan ini sesuai Peraturan Dewan Pers No.1/Peraturan-DP/II/2010, ujarnya kepada awak media, sabtu 24/08/2019 di Jakarta.

Ia menyampaikan betapa pentingnya UKW dalam sebuah profesi wartawan. “Sudah selayaknya profesi wartawan memiliki standar-standar kompetensi berjenjang seperti ini, untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan” ungkapnya.

Selain itu, Pria keturunan Nias Selatan ini juga menjelaskan tujuan daripada Standar Kompetensi Wartawan meliputi : 1. Meningkatakan kualitas dan profesionallitas wartawan. 2. Menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers. 3. Menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik. 4. Menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual. 5. Menghindari penyalahgunaan profesi wartawan. 6. Menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers.

BACA JUGA :   SEGERA MILIKI LABORATORIUM PCR, Penanganan Covid-19 di Kota Prabumulih dan Sekitarnya Bakal Lebih Maksimal

“LPDS itu tempat pendidikan dan pelatihan kewartawanan yang profesionalitas dan kredibilitas nya luar biasa, selama tiga hari saya banyak mendapatkan ilmu dari pengajar/penguji yang sudah 30 tahun di dunia Jurnalistik” tuturnya penuh semangat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Hendrayana selaku Direktur Eksekutif LPDS, Bapak A.A.Ariwibowo selaku pengajar/penguji, Bapak Lahyanto Nadie, Bapak Priyambodo RH, Bunda Indria, Bunda Lucia, Bunda Ayu dan seluruh jajaran LPDS” sambungnya.

Untuk diketahui Lembaga Pers Dr. Soetomo yang didirikan sejak 23 Juli 1988 di Jakarta ini merupakan lembaga pertama yang ditetapkan Dewan Pers sebagai lembaga penguji kompetensi wartawan.

Mengingat pentingnya menjaga dan mengangkat marwah dan harga diri profesi wartawan, “Mari seluruh Insan Pers di Tanah Air kita sambut dan ambil kesempatan ini untuk kita dan kepentingan Rakyat banyak” tutupnya.

BACA JUGA :   Asian Games 2018: Defia Rosminar meraih emas pertama untuk Indonesia.

IMO-Indonesia Apresiasi Pemred Media Anggota Yang Mengikuti UKW Utama

Yakub F. Ismail mengucapkan selamat kepada Pimpinan Redaksi media hebatriau.com anggota IMO-Indonesia DPW Provinsi Riau yang telah mengikuti uji kompetensi wartawan 20-22/08/2019 yang diselenggarakan oleh LPDS kemarin di jakarta.

Semoga kedepan dengan lebih banyak lagi pemred media anggota yang mengikuti UKW Utama, hal tersebut tentunya menjadi tahapan bagi anggota media IMO-Indonesia untuk dapat terverifiaksi oleh dewan pers.

Adapun saat ini kami ( IMO-Indonesia ) tengah memfasilitasi media-media anggota untuk dapat berbadan hukum untuk memenuhi undang-undang 40 tahun 1999 tentang perseroan pers.

IMO-Indonesia berharap dapat menjadi organisasi yang anggotanya dapat memenuhi regulasi dan perundangan, bertahap kami mendorong dan mengedukasi anggota untuk dapat memenuhi itu semua, pungkas yakub.

@yfi

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!